Categories
Opini Uncategorized

Waspada Smartphone

Tidak dipungkiri bahwa anak jaman sekarang sudah gandrung dengan smartphone. Melihat pelajar SD dan SMP menggunakan telepon pintar menjadi tidak aneh lagi. Beberapa dari mereka malah mengoperasikan telepon pintar hanya sebagai mesin hiburan.

Waktu belajar sering tersita oleh kehadiran alat canggih tersebut. Nilai yang turun bahkan jeblok seolah tidak menyurutkan perhatian anak kepada permainan yang disajikan dalam genggaman. Fitur menarik dan menantang membuat anak semakin betah berduaan dengan di kecil mungil itu.

Alasan refreshing menjadi pelindung kuat ketika anak sedang penat belajar. Apabila kecerdasan teknologi ini tidak dipahami dengan bijaksana maka yang terjadi adalah ketertinggalan. Di saat anak di negara tetangga sudah bisa membuat aplikasi, yang terjadi di sini malah sebaliknya.

Adanya kemajuan digital membuat anak semakin berpikir instan. Tidak mau repot apalagi direpotkan. Berpikir hanya sesaat tidak sampai berpikir apa yang akan terjadi kelak. Cepat dan praktis menjadi acuan dalam kerangka berpikir anak.

Ketahuilah bahwasanya zona nyaman semacam ini akan membuat anak semakin manja dan tidak bisa mandiri. Untuk itu, pahamilah bahwa smartphone itu untuk meningkatkan daya cipta dan imajinasimu. Pergunakan smartphone sesuai dengan fungsi dan porsinya Jangan sampai smartphone malah membunuh daya kreatifitasmu. (Muhammad Tajuddin)

Leave a Reply

Your email address will not be published.