Keluarga Mahasiswa Nahdlatul Ulama Institut Pertanian Bogor (KMNU IPB) merupakan organisasi yang berdiri pada tahun 2007 yang sebelumnya hanya beranggotakan mahasiswa/i muslim pascasarjana IPB. Ketika tahun 2009 KMNU IPB dilebur kepengurusannya untuk menaungi mahasiswa nahdliyin dan nahdliyat di program S1. Adanya KMNU IPB merupakan wadah pelestarian tradisi Islam Ahlussunnah Wal Jamaah para mahasiswa muslim IPB di kampus. Motivasi dan kepercayaan diri kami semakin berlipatganda dengan keberadaan aktivis Nahdlatul Ulama’ (NU) dari berbagai negara yang kembali ke IPB pada tahun 2006 dan 2007, antara lain : Dr. Aji Hermawan. M.M dan Ir. Ifan Haryanto. M.Sc (Inggris), Ir. Zahrul Muttaqin. M.M, M.F (Australia), Dr. Ir. Toni Bakhtiar. M.Sc (Jepang), dan Ir. KH. Fuad Abdul Wahhab (Arab Saudi). Serta dukungan dari Ketua I PBNU : KH Masdar Farid Mas’udi MA, Mantan Bendahara PBNU : Dr Ishartono dan Ketua PP-LP2NU : Dr Rachmat Pambudy. MS. Sehingga, dengan dukungan dari para civitas akademi IPB maka kami yakin untuk terus mewujudkan visi kami sebagai organisasi yang menjadi pusat kajian keagamaan yang berlandaskan ahlussunnah wal jamaah bagi para mahasiswa/i muslim IPB.

KMNU IPB memiliki 125 anggota mahasiswa/i S1 IPB yang memiliki program dalam pendidikan kewirausahaan, menulis karya ilmiah, kajian fiqih kitab kuning, pendidikan kepemimpinan dan keorganisasian serta pelatihan bahasa arab membaca kitab kuning yang disalurkan melalui klub-klub yang terprogram dalam organisasi KMNU IPB. KMNU IPB memiliki dua program rutinan setiap minggu, yaitu kajian fiqih kitab Fathul Qarib setiap hari Jumat malam di node AGH Lt.2, dan majelis shalawat diba’i setiap hari sabtu malam di mushalla Dramaga Regency. Saat ini, kepengurusan KMNU sudah berada pada periode ke empat di bawah pimpinan Achmad Mudjib (TIN 48). Selain program rutinan mingguan dan pelatihan soft skill, KMNU IPB memiliki program kerja tahunan seperti Festival Rebana se-Bogor Raya, Peringatan hari besar Islam serta upgrading kepengurusan. Saat ini, KMNU IPB sudah memilliki lahan pertanian dan kolam ikan sendiri untuk kepentingan biaya operasional organisasi dan pendidikan kewirausahaan bagi para pengurus dan anggota KMNU IPB.

Harapan kami untuk mahasiswa baru angkatan 51 yang bergabung dengan KMNU IPB yaitu pemahaman mereka tentang Islam yang berkarakter Ahlussunnah Wal Jamaah semakin kuat serta percaya diri dalam melestarikan tradisI Islam Ahlussunnah Wal Jamaah di lingkungan kampus. Selain itu, mahasiswa baru angkatan 51 yang bergabung akan kami bina untuk memiliki jiwa organisatoris, jiwa kewirausahaan, berpikir ilmiah terhadap Islam, serta mampu menjadi pribadi yang mandiri dalam segala hal. Selain itu, harapannya terhadap mahasiswa baru 51 yaitu dapat terciptanya rasa kekeluargaan yang harmonis sesama nahdliyin dan nahdliyat mahasiswa muslim IPB di lingkungan kampus.

Leave a reply