Cara Tarawih #dirumahaja

0
202
Salat tarawih di masjid

Ramadhan kali in dunia sedang berada di masa pandemi. Imbauan-imbauan beribadah #dirumahaja di media massa demi menekan laju penyebaran Covid-19. Begitu pula, salat tarawih yang biasa dilakukan di surau-surau bergeser menjadi #dirumahaja. Salat tarawih dapat dikerjakan secara munfarid (individu) ataupun secara berjamah. Terdapat perbedaan pendapat ulama tentang jumlah rakaat sholat tarawih, yaitu 8 rakaat atau 20 rakaat. Dua pendapat tersebut sama-sama memiliki dalil yang kuat. Pelaksanaan shalat tarawih dapat dilakukan 2 rakaat salam atau 4 rakaat salam, namun madzhab Syafi’i menguatkan pendapat pelaksanaan tarawih dengan 2 rakaat salam.

Dalam Tuntunan Ibadah pada bulan Ramadhan di Masa Darurat COVID-19 (2020) oleh Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah (hlm. 43), pendapat bahwa salat tarawih dikerjakan 8 rakaat merujuk pada riwayat Aisyah bahwa Nabi SAW: “tidak pernah melakukan salat sunah di bulan Ramadan dan bulan lainnya lebih dari sebelas rakaat. Beliau salat empat rakaat dan jangan engkau tanya bagaimana bagus dan indahnya. Kemudian beliau salat lagi empat rakaat, dan jangan engkau tanya bagaimana indah dan panjangnya. Kemudian beliau salat tiga rakaat.” (H.R. Bukhari dan Muslim).

Maksud salat empat rakaat sebanyak dua kali dalam hadis di atas adalah sholat tarawih. Adapun tiga rakaat setelahnya adalah salat witir. Sementara dalam Buku Saku Ramadan karya Ma’ruf Khozin, dalil salat tarawih 20 rakaat merujuk pada riwayat 4 tabiin, yaitu Said bin Yazid, Yazid bin Rauman, Yahya bin Said al-Qathan, dan Abdul Aziz bin Rafi’. Adapun riwayat Yazid bin Rauman berbunyi, “Umat Islam di masa (Khalifah) Umar bin Khattab RA beribadah di malam bulan Ramadan dengan 23 rakaat.” Maksud dari 23 rakaat dalam riwayat di atas adalah 20 rakaat untuk sholat tarawih dan tiga rakaat salat witir. Biasanya, tarawih 20 rakaat dikerjakan dengan melakukan sholat 2 rakaat sebanyak 10 kali. Kemudian, sholat witir dilaksanakan dua kali, masing-masing 2 rakaat dan 1 rakaat.

Umat muslim yang melaksanakan sholat tarawih berjamaah di rumah dipersilakan untuk mengikuti dua pendapat mengenai jumlah rakaat sholat tarawih di atas, sesuai dengan keyakinannya.

Urutan tata cara salat tarawih berjamaah adalah sebagai berikut:
a) Mengucapkan niat sholat tarawih sesuai dengan posisinya, sebagai imam atau makmum (sunnah)
b) Niat di dalam hati ketika takbiratul ihram
c) Mengucap takbir saat takbiratul ihram
d) Membaca Surat Al-Fatihah dan kemudian membaca salah satu surat dalam Al-Qur’an (sunnah)
e) Rukuk
f) Itidal
g) Sujud pertama
h) Duduk di antara dua sujud
i) Sujud kedua
j) Duduk istirahat atau duduk sejenak sebelum bangkit untuk mengerjakan rakaat kedua (sunnah)
k) Bangkit dari duduk, lalu mengerjakan rakaat kedua dengan gerakan yang sama dengan rakaat pertama
l) Salam pada rakaat kedua/rakaat keempat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here