Categories
Uncategorized

Sisa Makanan Itu Sedekah

Sedekahkan sisa makanmu kepada mereka yang membutuhkan, iya kalau tahu kalau tidak? Makanya baca ulasan ini.

Sedekah menurut kebanyakan orang identik dengan hal-hal yang berbau material. Memang fi zamanil money  (zaman ketika uang menjadi tuhan) hampir semua manusia mengiginkanya. Mau ke toilet saja butuh uang apalagi yang lainnya. Ada juga sedekah dengan jasa ataupun barang seperti membantu membersihkan masjid atau memberikan keperluan masjid. Namun, hal ini pun sudah mulai langka. Mungkin sebagian masih terdapat di pondok-pondok pesantren. Ada pula yang berkata bahwa kalau senyum pun dinilai ibadah.

Namun sepertinya pekerjaanlah yang menuntut untuk tersenyum. Sedekah memang bagus dilakukan oleh siapa saja, tidak terbatas pada agama atau suku baik orang dermawan atau orang sederhana. Oleh karena itu, tidak ada alasan untuk tidak bersedekah.

Apabila tetap tidak tahu bagaimana sedekah yang mudah ikutilah langkah-langkah berikut ini.

1. Ambil makanan sisa yang berada di piring anda.

2. Jangan langsung dibuang ke tempat sampah.

3. Ambil juga sisa memasak yang sudah tidak termakan.

4. Jangan juga langsung dibuang ke tempat sampah.

5. Ambil sisa-sisa makanan teman anda.

6. Kumpulkan menjadi satu kemudian benamkan dalam tanah sedalam 20 cm.

Sederhana, kan? Semua bisa melakukannya. Kenapa demikian?

Berikut ulasannya. Mikroorganisme merupakan salah satu ciptaan yang luar biasa. Dia merupakan makhluk hidup yang berjasa besar pada kita. Mikroorganisme tersebut memiliki mekanisme kerja yang unik salah satunya yaitu dengan memanfatkan karbon yang berasal dari manasaja terutama karbohidrat(sisa-sisa makanan), mikrorganisme dapat membuat lubang-lubang secara alami yang berfungsi untuk sirkulasi air dan udara terutama oksigen untuk respirasi bagi jutaan fauna yang berada di tanah.

Mikroorganisme aerob (butuh oksigen) jauh lebih banyak daripada yang anaerob. Dengan aktifnya biota tanah dapat secara alami mengemburkan tanah. Prinsipnya, apabila terdapat makanan dalam tanah, mikroorganisme akan membuat jalan-jalan kecil menuju makanan tersebut. Jalan kecil tersebutlah yang dinamakan biopori sebagai jalan keluar masuk udara (oksigen) sehingga secara alami tanah mengalami recovery (perbaikan) sehingga tanah kembali sehat.

Untuk itu, secara mudah kita telah sedekah (menolong) kepada berbagai makhluk hidup yang bekerja di bawah tanah tanpa sepengetahuan kita.

Kontributor: Ridwan

SUmber gambar: kisahinspirasi.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.