Categories
KMNU IPB Uncategorized

Selamat Achmad Mujib Menjadi Ketua KMNU IPB 2014-2015

Mengakhiri kepengurusan KMNU IPB periode 2013-2014, muncullah nama-nama calon kandidat ketua KMNU IPB periode selanjutnya. Mereka adalah Achmad Mujib (TIN 48), Ersyad Maqfuh (TIN 48), Amir Muzakki (TMB 48), Hasan Bisri (PTN 49), serta Afif Arwani (ITP 49). Mengususng tema dan gaya penyampaian yang khas oleh masing-masing calon ketua menambah semarak Musyawarah Besar & Suksesi KMNU IPB. Achmad Mujib yang mengusung “KMNU lebih KMNU”, Ersyad Mafquh yang mengusung “kesatuan organisasi KMNU dalam struktur yang terperinci”, Amir Muzakki yang mengusung “KMNU sebagai rumah kedua warga NU di IPB”, Hasan Bisri yang mengusung KMNU yang profesional, serta Afif arwani yang mengusung keberagaman ala pelangi dalam KMNU.

Kelima calon tetap mengerucut pada satu visi bersama yaitu Menjadikan KMNU IPB sebagai organisasi yang mampu menjadi pusat kajian keagamaan yang berlandaskan ASWAJA dan membentuk nilai-nilai kepemimpinan yang berlandaskan kekeluargaan”. Kegiatan yang menghadirkan tiga Pembina KMNU IPB yaitu Dr. Zaenal Effendi (Dept. Ilmu Ekonomi IPB), Abdul Jamil, M. Si (Dept. Fisika IPB), Ruchman Basori, M. Ag (Kemenag). Ketiganya berpesan agar seluruh anggota, pengurus, dan alumni KMNU IPB bersama-sama menghidupkan NU, penyatuan visi KMNU IPB, serta pentingnya pengkaderan dari mulai yang sifatnya partisipan, anggota, meningkat ke kader, pemimpin hingga menjadi alumni yang harus berjalan istiqomah dan tertata dengan baik.

Berbagai pertanyaan seputar KMNU yang terlontar dari segenap anggota yang hadir semakin menambah aura positif jalannya SUKSESI KMNU IPB. Saling mengutarakan argumen tentang kelebihan dan kekurangan masing-masing calon mengawali proses MUBES KMNU IPB yang dipimpin oleh Slamet Heri Kiswanto (KMNU 47) selaku dewan presidium dalam kegiatan ini. Pengerucutan calon menjadi 3 berlangsung cukup alot karena menimbang dan mengamati dari beberapa hal terkait dengan sepak terjang masing-masing calon yang sama-sama tidak diragukan lagi loyalitasnya terhadap KMNU IPB.


Setelah melewati adu argumen yang berbeda-beda serta menimbang beberapa hal , maka muncullah dua nama yang semakin mengerucut yaitu Achmad Mujib dan Hasan Bisri. Bukan hanya itu, selanjutnya muncul saran dari Nur Illahiyat Adhli Al-Karni (KMNU 50) untuk mengerucutkan calon ketua KMNU sesuai dengan tuntunan para ulama yaitu dengan pertimbangan penguasaan ilmu agama, penguasaan ilmu tentang Al-Qur’an, serta kematangan usia, serta haibah (kewibawaan).  Akhirnya, forum musyawah menyepakati bahwa berdasarkan keempat kriteria itu semua calon  mumpuni, namun dalam hal haibah (kewibawaan) serta pengalamannya selama ini di KMNU maka ada satu nama calon yang paling menonjol yaitu Achmad Mujib. Dengan demikian forum menyepakati dan memilih Achmad Mujib (TIN 48) sebagai ketua KMNU IPB periode ke-4. Diiringi lantunan “Thola’al badru ‘alaina” ketua KMNU IPB (Achmad Mujib) terpilih menerima serah terima jabatan secara simbolik dari ketua KMNU IPB terdahulu (M. Adly Khusnul Khuluq).

Leave a Reply

Your email address will not be published.