Categories
KMNU IPB Uncategorized

Sambut Idul Adha 1436 H, KMNU IPB Lakukan Takbir Keliling

Rabu (23/09), Keluarga Mahasiswa Nahdlatul Ulama Institut Pertanian Bogor (KMNU IPB) menyambut malam hari raya Idul Adha 1436 H dengan gema takbir di kampus IPB Dramaga dan sekitarnya. KMNU IPB bersama Asrama Sylva Pinus, C4, A5, dan Ccs Mora IPB mengadakan takbir keliling yang diramaikan lebih dari 100 mahasiswa. Rute Takbir keliling dimulai dari depan CCR, takbir keliling yang menjadi agenda rutinan ini disambut baik oleh para mahasiswa yang berpapasan dengan kegiatan ini. Rute berlanjut ke daerah Babakan Raya, Babakan Tengah, dan Mushola Al-Ikhlas Dramaga Regency. Sambutan sangat hangat dari masyarakat membuat takbir keliling semakin bergelora di sepanjang jalan.

Selain bertujuan mengajak warga dan mahasiswa lain untuk bertakbir bersama, kegiatan ini juga bertujuan mengajak warga untuk mengikuti sholat Idul Adha besok (24/09) pagi yang diselenggarakan di pelataran GWW IPB. Rombongan takbir keliling mengakhiri kegiatan di Masjid Alwustho Babakan Tengah.

“Ini merupakan takbir keliling kedua yang saya ikuti selama di IPB. Semoga kegiatan yang menjadi tradisi baik mahasiswa ini terus berlanjut setiap tahunnya”, tukas Hijayat Ibnun, mahasiswa MSP Kadiv Kajian KMNU IPB asal Pati Jawa Tengah.

Setelah selesai kegiatan takbir keliling, mahasiswa KMNU mencoba menghidupkan Masjid Al-wustho dengan bertakbir bersama dengan warga dan anak-anak yang sedang di Alwustho. Di Masjid Al-Wustho, disampaikan beberapa sambutan oleh perwakilan ketua organisasi. Hasan Bisry (Ketua KMNU IPB), dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini menjadi tradisi baik kita untuk saling mengingatkan dan mengajak takbir di malam hari raya Idul Adha. Hasan menambahkan bagi sesama mahasiswa perantau, kegiatan ini juga menjadi obat kerinduan pada keluarga di kampung halaman. Bahwa organisasi bukan hanya sekedar organisasi, namun juga tentang kekeluargaan. Diakhir sambutannya, Hasan mengajak semua peserta untuk kembali bertakbir bersama.

Puasa Arafah bersama mahasiswa KMNU IPB hari ini juga diakhiri dengan acara buka bersama di sekretariat KMNU IPB. Meneguk segelas es buah yang segar dan sepotong gorengan tahu yang masih hangat tak akan pernah terlupakan. Kemudian dilanjutkan dengan Takbir Keliling bersama untuk mengajak masyarakat menjalankan sunnah bertakbir sepanjang malam di malam Hari Raya.

Kontributor : Muhamad Qomarul Huda