Categories
Uncategorized

Renungan 8 Tahun KMNU Mewarnai Bumi IPB

Dimulai dari satu titik
warna itu mulai tergores indah
dalam kanvas keberagaman
kini ia telah menjadi sebuah lukisan
yang memberi makna pada jiwa-jiwa
yang terikat kuat didalamnya

Sejak kemunculannnya, sudah 8 tahun KMNU berada dan perlahan memberi warna di bumi IPB. Hari demi hari dilalui dengan berbagai ekpresi wajah yang berbeda-beda. Semua yang ada di dalamnya selalu membawa semangat yang satu, jiwa yang saling terikat, impian yang terpancang kuat di depan mata, serta keteguhan tekad untuk tetap melangkah. Delapan tahun bukan waktu yang singkat. Tentunya banyak sekali cerita, kisah, dan fragmen yang dapat dijadikan renungan. Sudah semestinya kita dapat mengolah dan menata kembali inti sari dari cerita, kisah, dan fragmen yang telah dijalani selama ini agar tidak terpendam hingga tak terjamah atau bahkan menguap begitu saja hingga tiada berguna.

Belajar dari masa lalu adalah sebiah fitrah. Berfikir, merenung, menata kembali dengan perbaikan-perbaikan kecil dari masa lalu. Ya, perbaikan itulah yang akan mengantarkan KMNU menjadi “lukisan” yang lebih indah. Perbaikan dalam hal pengelolaan organisasi dan pengkaderan, penataan dan pendistribusian sumerdaya manusia, pengoptimalan potensi diri dengan berbagai prestasi, pelaksanaan kajian dan tradisi aswaja dalam membangun spirit Islam rahmatan lil’alamin , menjalin hubungan baik & peran serta dalam pemberdayaan masyarakat sekitar kampus, serta mencoba membangun kemandirian finansial dengan mengembangkan jiwa wirausaha. Kita pernah melewati kacaunya sebuah kesalahpahaman, dan kita bertekad tak akan mengulanginya. Kita pernah melewati merasa sakit hati karana sakit hati, maka kita berjanji memperbaiki laku kita dengan mengasah keikhlasan kita. Kita pernah melewati buruknya koordinasi,maka kita berjanji untuk berkomunikasi dengan baik dalam segala hal. Kita pernah merasakan fatalnya akibat penundaan tugas, maka kita berjanji dan bertekad melaksanakan segala sesuatu tepat waktu. Dan masih banyak lagi kesalahan-kesalahan yang pernah kita lalui dan harus kita perbaiki mulai saat ini juga.

Bukan hanya itu, perbaikan juga dilakukan dari dalam diri orang-orang yang berada di KMNU. Perlahan lahan memperbaiki ikatan satu sama lain, memupuk kembali rasa saling percaya, rasa memiliki dalam sebuah keluarga, senantiasa menghidupkan hati dengan memperbaiki hubungan baik dengan-Nya, serta terus mengasah ketulusan dalam melakukan apapun di keluarga ini. Terlebih lagi status kita sebagai mahasiswa yang merupakan generasi yang diberi kesempatan memperoleh pendidikan yang lebih baik. Kesempatan inilah yang harus kita manfatkan untuk mengoptimalkan potensi diri lewat karya dan prestasi, baik akademik maupun non akademik. Prestasi adalah sebuah nilai tambah yang dimilki oleh mahasiswa. Dengan prestasi kita dapat menginspirasi orang lain, dengan prestasi kita bisa mengajak orang lain untuk melakukan kebaikan-kebaikan karena prestasi sangat erat kaitannya dengan kebermanfaatan kita bagi orang lain. Perbaikan-perbaikan ini juga merupakan salah satu upaya dalam menjaga jati diri KMNU

Pada akhirnya, di delapan tahun usia KMNU ini, KMNU siap menyambut keluarga baru, wajah-wajah baru generasi penerus NU. KMNU siap senantiasa terus melakukan perbaikan-perbaikan dalam setiap langkahnya. KMNU siap mengukir banyak prestasi. KMNU siap menjadi warna yang bisa bersinergi dengan spektrum warna yang lain. KMNU siap menjaga dan mempertahankan segala sesuatu yang telah diperjuangkan dengan kucuran peluh, keringat serta air mata para pendahulunya. Selamat Harlah KMNU, teruslah melangkah dan menebarkan cahaya kebaikan.

Kontributor : Nur Afifah
Foto : Rizqy Ahmad Tsani dan A.Fauzi Ridwan

Leave a Reply

Your email address will not be published.