Rememori Keluasan Dunia Pertanian

0
375
Kajian Pertanian Pupuk merupakan kegiatan menambahkan hara yang dibutuhkan oleh tanaman berdasarkan kesediaan kandungan hara dalam tanah. Memupuk merupakan salah satu dari serangkaian teknis budidaya yang sangat penting untuk dilakukan. Memupuk juga harus sesuai dengan keperluan tanaman dan daya dukung lahan. Misal anak remaja memerlukan makan nasi dan lauk sepiring sekali makan sedangkan daya dukung finansialnya atau uang sakunya hanya cukup untuk setengah piring. Kalau makanan yang dimakan kurang maka pertumbuhan anak tersebut akan sedikit terganggu meskipun tidak langsung berdampak secara nyata. Namun, di akhir pertumbuhan ketika teman sebaya sudah dewasa dia memiliki ketinggian yang lebih rendah daripada teman sebaya yang dapat memenuhi kebutuhan sepiringnya ditambah segelas susu setiap kali makan. Sudah tentu kekurangan finansial itu dapat dipenuhi dengan input yang berasal dari luar seperti santunan atau bantuan langsung. Begitu pula pada tanaman. Tiap tanaman memiliki kandungan hara yang berbeda-beda untuk memenuhi siklus hidupnya. Padi dan jagung memiliki kebutuhan hara yang berbeda pula. Selain itu, daya dukung lahan berupa kemampuan lahan dalam menyediakan hara yang cukup bagi tumbuh kembang tanaman. Tiap lahan memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Tanah berat yang memiliki >60% liat dengan tanah ringan yang memiliki >60% pasir tentu memiliki kandungan hara yang berbedabeda pula. Tanaman memiliki siklus hidup yang terbagi dalam 2 fase yaitu fase vegetative dan fase generatif. Kedua fase ini tentu juga memiliki kebutuhan hara yang berbeda karena memiliki tujuan yan berbeda. Belum lagi kalau tanaman kita terkena hama dan penyakit atau sarana dan prasarana untuk menunjang pokok kebutuhan tanaman sangat terbatas. Ditambah anomaly iklim yang sulit untuk diramalkan. Untuk itu diperlukan skill lebih dan insting yang matang dalam menjadi seorang agronomis. Ketabahan dan kesabaran untuk terus mengenali dan mempelajari tanaman tidak hanya berhenti dalam waktu kuliah saja tetapi sepanjang usia, karena pengalaman adalah guru terbaik bagi manusia. Oleh Ahmad Fauzi Ridwan KMNU IPB

Kajian Pertanian

Pupuk merupakan kegiatan menambahkan hara yang dibutuhkan oleh tanaman berdasarkan kesediaan kandungan hara dalam tanah. Memupuk merupakan salah satu dari serangkaian teknis budidaya yang sangat penting untuk dilakukan. Memupuk juga harus sesuai dengan keperluan tanaman dan daya dukung lahan.

Misal anak remaja memerlukan makan nasi dan lauk sepiring sekali makan sedangkan daya dukung finansialnya atau uang sakunya hanya cukup untuk setengah piring. Kalau makanan yang dimakan kurang maka pertumbuhan anak tersebut akan sedikit terganggu meskipun tidak langsung berdampak secara nyata. Namun, di akhir pertumbuhan ketika teman sebaya sudah dewasa dia memiliki ketinggian yang lebih rendah daripada teman sebaya yang dapat memenuhi kebutuhan sepiringnya ditambah segelas susu setiap kali makan. Sudah tentu kekurangan finansial itu dapat dipenuhi dengan input yang berasal dari luar seperti santunan atau bantuan langsung. Begitu pula pada tanaman.

Tiap tanaman memiliki kandungan hara yang berbeda-beda untuk memenuhi siklus hidupnya. Padi dan jagung memiliki kebutuhan hara yang berbeda pula. Selain itu, daya dukung lahan berupa kemampuan lahan dalam menyediakan hara yang cukup bagi tumbuh kembang tanaman. Tiap lahan memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Tanah berat yang memiliki >60% liat dengan tanah ringan yang memiliki >60% pasir tentu memiliki kandungan hara yang berbedabeda pula.

Tanaman memiliki siklus hidup yang terbagi dalam 2 fase yaitu fase vegetative dan fase generatif. Kedua fase ini tentu juga memiliki kebutuhan hara yang berbeda karena memiliki tujuan yan berbeda. Belum lagi kalau tanaman kita terkena hama dan penyakit atau sarana dan prasarana untuk menunjang pokok kebutuhan tanaman sangat terbatas. Ditambah anomaly iklim yang sulit untuk diramalkan. Untuk itu diperlukan skill lebih dan insting yang matang dalam menjadi seorang agronomis. Ketabahan dan kesabaran untuk terus mengenali dan mempelajari tanaman tidak hanya berhenti dalam waktu kuliah saja tetapi sepanjang usia, karena pengalaman adalah guru terbaik bagi manusia.

Oleh Ahmad Fauzi Ridwan

KMNU IPB

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here