Categories
KMNU IPB Uncategorized

Ramadhan Berbagi : Santunan Anak Yatim dan Buka Bersama KMNU IPB

Bulan ramadhan merupakan bulan penuh ampunan dan rahmat dimana pahala-pahala ibadah dilipat gandakan oleh Allah SWT. Tak hanya itu,  bonus-bonus ibadah pun berlimpah baik ibadah wajib maupun sunnah. Tentu hal ini merupakan kesempatan untuk meningkatkan tabungan amal kita untuk bekal kelak. Tak heran jika saudara-sauadara kita  berlomba-lomba mendapatkan bonus tersebut. Begitu pula  yang dilakukan oleh sebuah organisasi kecil namun luar biasa yang berada di tengah-tengah kampus yang besar nan indah ini. Ya, sebut saja Keluarga Mahasiswa Nahdlatul ‘Ulama atau lebih dikenal dengan KMNU IPB. Keluarga yang tidak pernah luput semangatdalam kesehariannya, yang selalu nyaring dengan sholawatnya tak ingin ketinggalan mendapat pahala dan bonus di bulan berkah ini. Dengan niat menolong sesama,  berbagi kecerian, dan lillahi ta’ala, KMNU IPB mengadakan sebuah acara yang jika dinilai insyaAllah mendapat bonus yang banyak dari Allah SWT, Aamiin.. 
Kegiatan tersebut berupa santunan terhadap anak-anak  yatim yang berada di sekitar sekretariat KMNU IPB yang terletak tak jauh dari kampus, yaitu desa Cangkurawok, Dramaga, Bogor. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari ke-14 ramadhan tepatnya hari sabtu, 12 juli 2014 pada pukul 16.00-19.00 WIB, di masjid Syamsul Huda Cangkurawok. Adapun rangkaian acara yang melibatkan 31 anak yatim ini dimulai dengan pembukaan yang dipandu oleh MC : Ibnu Mubarok, yang kemudian dilanjut dengan tahlil yang dipimpin oleh ta’mir masjid yaitu almukarrom bapak Muchtadin. Ketua pelaksana acara ini , Muhammad Fatah Yasin, lantas memberikan sambutan singkat yang insyaAllah penuh manfaat, dimana dalam sambutannya berisi bahwa  acara ini bertujuan untuk berbagi kebahagiaan di bulan suci ramadhan bersama anak yatim dan masyarakat sekitar yang mudah-mudahan mendapat ridho Allah. Selain itu sang ketua pelaksana juga memperkenalkan kakak-kakak asuh bagi anak-anak yatim dan memberi pesan kepada kakak-kakak asuh agar dapat membimbing adik-adiknya juga agar dapat saling mengenal antara kakak asuh dan adik asuh maupun sesama adik asuh. Adanya pembagian kakak asuh dan adik asuh ini dikarenakan kegiatan ini akan dilanjutkan dengan pembimbingan dan pembinaan terhadap anak-anak yatim tersebut dalam hal pengabdian masyarakat. 

Setelah sambutan dari ketua pelaksana, anak-anak diberikan kesempatan untuk berkumpul dengan kakak asuhnya masing-masing dengan tujuan untuk dapat mengenal dan berbagi cerita. Hampir semua anak-anak tersebut antusias untuk berkumpul bersama kakak asuh mereka. Sambil menunggu adzan magrib adik-adik asuh dibawa ke dalam suasana yang riang gembira oleh seorang pemandu game yang tidak diragukan lagi kemampuannya. Sebut saja Jayat, salah satu anggota KMNU yang humoris dan puitis tapi kurang romantis. Dengan serunya dia mengajak adik-adik untuk dapat mengingat pelajaran-pelajaran yang telah didapat. Siapa yang dapat menjawab pertanyaannya dan berani maju ke depan maka  anak tersebut berhak menerima hadiah darinya. Adapun pertanyaannya berupa bacaan surat al-ikhlas, do’a kepada orang tua, sholawat, dan lain-lain. Suasana pun berubah menjadi riang dan anak-anak pun sangat antusias menjawab pertanyaan demi pertanyaan hingga 5 hadiah yang disediakan pun habis. 

Tibalah saat berbuka, anak-anak yatim, anggota KMNU,dan masyarakat sekitar berbuka bersama di masjid dengan ta’jil yang telah disediakan. Setelah itu dilanjutkan dengan shalat berjamaah magrib. Kemudian dilanjutkan dengan makan bersama. Di akhir acara, KMNU membagikan santunan kepada anak-anak yatim  yang insyaAllah santunan tersebut bermanfaat bagi mereka. Bacaan sholawat pun mengiringi anggota KMNU dan anak-anak yatim yang bersalaman sebagai tanda berakhirnya  acara  yang bertemakan “Ramadahan Berbagi” ini . Kebahagiaan pun nampak dari wajah anak-anak  yang insyaAllah masih bersih dari dosa ini. Semoga kebahagiaan ini sebagai simbol kebahagiaan yang akan kita dapat di yaumul akhir nanti, aamiin.. 
Terimakasih tak luput kami haturkan kepada para pembina KMNU yang telah mendukung acara ini baik dengan do’a maupun materi, kepada masyarakat yang ikut berpartisipasi, juga kepada seluruh anggota KMNU yang rela dan tulus menjalankan acara ini. Semoga niat tulus kita diterima dan mendapat ridho serta pahala dari Allah SWT. Aamiin yaa Robbal’aalamiin…  
Kontributor : Siti Rosidah

Leave a Reply

Your email address will not be published.