Categories
Uncategorized

Peringatan Tahun Baru Hijriyah oleh KMNU IPB dan DKM Masjid Al Wustho

Bogor, Dewan Kemakmuran masjid (DKM) Alwustho dan Keluarga Mahasiswa Nahdlatul Ulama (KMNU IPB) mengadakan acara peringatan tahun baru hijriyyah 1 Muharram 1437 H.

Acara ini dihadiri oleh mahasiswa dan warga sekitar masjid Al wustha. Acara diawali dengan pembacaan tahlil dan tawassul. Selain itu Suara salawat ad-diba’i berserta tabuhan hadrah menghiasi acara tersebut. Sebagianjemaah larut di dalam acara tersebut.

“Dengan datangnya tahun baru ini, mari kita perbaiki diri atau introspeksi diri, mari kita tingkatkan amalan ibadah kita” ujar ketua DKM Alwustha Bapak K.H. Romli.

Selain itu hadir juga kepala desa Babakan. Beliau menyampaikan “melalui tahun baru ini mari kita jaga moral masyarakat desa babakan. Beliau juga sangat berharap peran mahasiswa dalam pengabdiannya kepada masyarakat sekitar kampus IPBsecara nyata”.

Acara puncak yaitu mauidhah hasanah dari ustd Cecep Ghazali. adapun sebagian nasihat beliau adalah sebagai berikut;

Belau menyampaikan bahwa sekarang semua ummat islam merayakan tahun baru islam. Tidak sedikit orang islam yang sudah tidak mengenal dengan perayaan tahun baru hijriyyah.

Dalam menyambut tahun baru islam. Disunahkan kita membaca do’a akhir tahun setelah sholat ashar dan do’a awal tahun setelah shalat magrib.

Kita ini ummat islam adalah ummat yg luar biasa. Ummat islam adalah ummat yg besar.

Beliau sangat bangga dengan tradisi keagamaan atau budaya-budaya islam yang masih dipertahankan dengan baik diderah sekitar alwustho yg dimana sebagian ditempat lain sudah tidak mengenal lagi dgn yg namanya maulidan, dibaan, tawasullan, ziarah dll.

Beliau juga menyampaikan Islam itu kata baginda nabi di akhir zaman akan terbagi menjadi 73 golongan. Dan yg selamat adalah orang yg menjalankan qur’an dan sunnah.

Inti dari ceramah beliau adalah bahwa manusia itu adalah makhluk  yg sempurna dibanding makhluk yang lainnya. Ada 4 hal yg membedakan antara manusia dg makhluk lainnya, diantaranya;

1. Manusia itu punya akal,

2.Manusia itu punya agama, artinya dalam hidup manusia itu tidak lepas dengan aturan-aturan agama yang harus dilaksanakan

3. Manusia itu mempunyai rasa malu untuk berbuat maksiat kepada Allah

4. Manusia itu memiliki amal shaleh, seburuk-buruk perbuatan manusia pasti dia memiliki amal shaleh.

 

Selamat tahun baru Hijriah 1 Muharram 1437 H. Mari sambut tahun baru dengan berhijrah dari salah menuju yang shaleh.

 

Oleh irfan

Leave a Reply

Your email address will not be published.