Categories
KMNU IPB Uncategorized

Penyambutan Mahasiswa Baru angkatan 51 NU IPB oleh KMNU IPB

Bersamaan dengan masuknya mahasiswa baru di kampus IPB, KMNU IPB mengadakan serangkaian agenda guna menyambut mahasiswa baru angkatan 51 sekaligus menyambut datangnya bulan Ramadhan. Hari ini (17/6), diadakan “saresehan dan ramah ramah KMNU IPB” bersama mahasiswa baru angkatan 51 dari berbagai daerah di pulau Jawa yang berlatarbelakang ahlussunnah wal jama’ah an-nahdliyyah. Kegiatan ini diadakan di sekretariat KMNU IPB dnegan menghadirkan pemateri Steering Commitee KMNU IPB bidang pengkaderan Muhammad Zimamul Adli serta Ketua KMNU periode 2014/2015 Ahmad Mujib. Keduanya menyampaikan materi tentang pengenalan dunia kampus dan pengenalan KMNU IPB.
Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan keberagaman ekspresi beragama dalam dunia kampus sehingga nantinya para mahasiswa baru tidak merasa bingung dan minder untuk menunjukkan jati diri seorang nahdliyyin. Kegiatan ini juga sekaligus menjadi sarana perekrutan awal anggota KMNU IPB. Para mahasiswa yang baru memasuki dunia kampus biasanya merasa bingung dalam menyikapi perebedaan-perbedaan ekspresi beragama di kampus sehingga  timbul sikap acuh, minder, bahkan menjadi sangat tidak toleran terhadap perbedaan-perbedaan tersebut. Selain itu, banyak juga diharapkan dengan adanya kegiatan ini nantinya muncul calon kader-kader miltan KMNU yang akan merintis dan mewarnai kehidupan kampus terutama kehidupan asrama yang notabene didominasi oleh kelompok tertentu sehingga menjadi lebih bernafaskan aswaja guna mewujudkan Kampus IPB-NU.
Kegiatan “saresehan dan ramah tamah KMNU IPB” sekaligus mengenalkan keberadaan KMNU di kampus IPB sehingga mahasiswa baru yang berlatarbelakang ahlussunnah wal jama’ah an-nahdliyyah mempunyai wadah dan keluarga yang seaqidah. Harapannya KMNU IPB dapat menjadi wadah bagi mahasiswa baru untuk berkumpul, mengembangkan potensi serta melestarikan tradisi amaliyah yang sesuai dengan tuntunan Rasulullah SAW yang diwariskan pada para ulama
Kegiatan ini juga dihadiri para orang tua wali mahasiswa baru serta berlangsung interaktif dengan adanya pertanyaan-pertanyaan yang muncul dari beberapa mahasiswa etrakain menyikapi perbedaan-perbedaan tersebut. Acara ditutup dengan hikmad dengan dibacakannya sholawat Burdah yang menjadi penutup yang khas dalam setiap kegiatan yang diadakan oleh KMNU IPB.
“menyikapi perbedaan bukan dengan menentangnya mentah-mentah namun dengan menunjukkan bahwa yang berbeda akan terasa menyejukkan ketika dapat beriringan melangkah tanpa menyudutkan satu sama lain, tanpa mencederai hak-hak orang lain.”

Kontributor : Nur Afifah

Leave a Reply

Your email address will not be published.