Categories
Ubudiyah

Pawang Hujan : Doa Memindahkan dan Memberhentikan Hujan

KMNU IPB – Pernah ngga kalian sudah siap-siap ke suatu acara penting, sudah cantik, ganteng, nan menawan tiba-tiba… gledek, bresss… turun hujan? Rasanya seperti sia-sia saja berdandan cantik dan ganteng. Eits ngga boleh gitu ya, hujan itu rezeki yang seharusnya kita syukuri. Toh ada teknologi bernama payung ataupun mantel yang dapat kalian gunakan melindungi diri dari terpaan hujan, atau mungkin berteduh menunggu hujan reda. Apapun itu untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan karena hujan.

Ada satu lagi opsi yang dapat kita pilih. Sebagimana seorang hamba, kita bisa memohon kepada Allah Swt yang memiliki kuasa atas alam semesta ini, termasuk di dalamnya cuaca dan hujan. Kita dapat mencoba berdoa untuk menghentikan hujan atau mengalihkannya ke tempat lain loh. Rasanya sudah seperti pawang hujan atau tokoh superhero Storm di film X-men saja ya gaes.

Sebagaimana tercantum dalam Sahih Bukhari yang diriwayatkan oleh Annas, Rasulullah Saw pernah berdoa :

 

للهم حوالينا ولا علينا اللهم على الأكام والظراب وبطون الأودية ومنابت الشجر

 

Allahumma hawalayna wa la ‘alayna, Allahumma alal akami wad thirobi, wa buthunil audiyyati wa manabitis syajari

Artinya: Ya Allah turunkanlah hujan di sekitar kami, dan jangan turunkan kepada kami untuk merusak kami.  Ya Allah turunkanlah hujan di dataran tinggi, beberapa anak bukit, perut lembah dan beberapa tanah yang menumbuhkan pepohonan.

Doa tersebut bisa diamalkan nih, apalagi bagi sobat-sobat yang tinggal di Bogor yang katanya kota hujan itu. Namun, sebagaimana manusia kita hanya bisa berdoa dan berusaha, sisanya urusan Alloh Yang Maha dari segalanya. Toh inti dan makna doa itu adalah mengharapkan hujan yang berkah dan everybody can be pawang hujan. Namun, kalau hujannya ngga pindah-pindah atau tetap saja deras, husnudzan, mungkin itulah yang terbaik bagi kita. Semoga Allah  Swt menghindarkan kita dari hujan yang menyebabkan bencana. Amin. (Mil)

Disunting dari : https://islam.nu.or.id/post/read/48731/do039a-istimewa-memindah-dan-menghentikan-hujan

Leave a Reply

Your email address will not be published.