NAHDLATUL QOLAM (NQ) EDISI 65

NQ65

NAHDLATUL QOLAM EDISI 65, KABINET BARU SEMANGAT BARU

 

Assalamuaaikum Wr. Wb

KMNU IPB – Alhamdulillah, puji syukur kehadirat Allah SWT, atas segala nikmat yang diberikan kepada seluruh hamba-Nya dan shalawat serta salam semoga tetap senantiasa tercurah limpahkan kehadirat Nabi Muhammad SAW. Pertama disini saya ingin mengucapkan terimakasih kepada seluruh civitas KMNU IPB yang telah memberikan kesempatan kepada saya untuk mengembangkan diri. Semoga dengan menjadi ketua terpilih pada periode 2020/2021, saya dapat berkontribusi lebih untuk KMNU IPB.

KMNU IPB adalah organisasi berlandaskan kekeluargaan Ala Ahlussunnah wal Jamaah An Nahdliyah. Organisasi ini berfungsi sebagai wadah nahdliyin dan nahdliyat yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia yang melanjutkan pendidikan di kampus IPB University. Seiring dengan bertambahnya umur, anggota KMNU IPB juga semakin banyak. Menurut database KMNU IPB per tahun 2021, jumlah anggota aktif KMNU IPB ialah 410. Dengan jumlah sebanyak itu beserta cita-cita besar KMNU, maka berjuang di KMNU bukanlah suatu perkara yang mudah. Diperlukan kemampuan daya pikir yang kuat, manajemen emosional, interaksi sosial, dan komunikasi yang baik.

Salah satu tantangan besar yang dihadapi masyarakat dunia ialah pandemic covid-19. Puluhan juta orang di seluruh dunia telah dinyatakan terpapar, dimana ratusan ribu kehilangan nyawa akibat pandemik. Dalam situasi seperti ini kita harus menjaga kesehatan dan mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan secara berkala. Selain usaha lahir, diperlukan usaha bathin berupa dzikir, sholawat, dan mengaji. Ketiga hal tersebut sebagai upaya pendekatan kita ke Ilahi robbi sebagaimana sampe saat ini KMNU IPB Alhamdulillah secara istiqomah melaksanakannya setiap seminggu sekali.

Dengan besarnya tantangan yang dihadapi, maka KMNU IPB periode ini akan terus berusaha meneruskan visi periode sebelumnya yaitu “Menjadikan KMNU IPB sebagai pusat kajian spiritual keagamaan dan pusat kajian intelektual berlandaskan Ala Ahlussunnah wal Jamaah An Nahdliyah untuk menyongsong satu abad NU”. Untuk itu, KMNU IPB akan beradaptasi mengikuti situasi dan kondisi. Kepengurusan akan berfokus pada pengembangan SDM di sektor akademik dan non akademik berupa kegiatan daring serta luring menyesuaikan kebutuhan.

Sehubungan dengan pandemic pula, branding KMNU IPB sebagai pusat kajian juga ditingkatkan via instagram, facebook, twitter, whatsapp, website, dan youtube. Terkhusus untuk kegiatan luring, maka KMNU IPB akan memberikan perhatian lebih dengan mengadakan pelatihan atau kegiatan lainnya pada daerah yang masih dapat dijangkau. Jadi, bagi siapapun kami sangat terbuka jika ada yang berniat bergabung atau berkolaborasi dengan KMNU IPB. Jangan ragu untuk masuk dan bergabung dengan KMNU IPB, karena insyaallah di dalamnya ada ilmu serta keberkahan selalu.

Sekian, demikian yang dapat saya sampaikan, semoga kita selalu berada dalam lindungan Allah SWT beserta anugerah kesehatan-Nya. Jika ada salah kata saya mohon maaf sebesar-besarnya karena kebenaran hanya milik Allah SWT. Wabillahitaufiq wal hidayah.

 

Wassalamualaikum Wr. Wb.

 

#AyoGabungKMNU

#AyoGabungKMNUIPB

 

Download NQ Edisi 65 :

ipb.link/nq65

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *