Categories
KMNU IPB Uncategorized

KMNU IPB Dari “Tawakkal Nekad” Menuju “Tawakkkal Terorganisasir”

       


      Di usia yang ke-7 tahun ini KMNU IPB semakin bekerja keras memperbaiki diri dalam hal keorganisasiannya. Dalam pertemuan Alumni KNU IPB yang diselenggarakan pada Sabtu, 7 Juni 2014, Daus selaku Ketua Alumni KMNU IPB menyampaikan bahwa tawakkal dan keteraturan itu adalah dua hal penting yang tak bisa dipisahkan.
“Tawakkal itu kan tahap akhir setelah ikhtiyar dengan sungguh-sungguh serta diiringi doa. Kalo terorganisir ya jelas lah, kita maunya gitu. Moso bondo nekad terus, kan kebaikan yang tak terorganisir bisa dihancurkan dengan kedholiman yang terorganisir.” Jelas Daus. 
Dalam pertemuan tersebut salah satu pembahasannya adalah bagaimana agar proses perubahan pengembangan organisasi di KMNU IPB yang terus dilakukan tetap dapat mempertahankan nilai-nilai tawakkal yang selama ini dijunjung tinggi. Jangan sampai tawakkal kemudian bergeser menjadi kepasrahan. Karena kepasrahan berarti menyerahkan segala keputusan pada Gusti Allah tanpa usaha dan kesungguhan sebelumnya, berbeda dari tawakkal itu sendiri.
Dalam kesempatan yang sama, Elisa salah satu alumni KMNU IPB menyampaikan, “Tawakkkal atau tidak, itu faktor penyebabnya banyak. Formalisasi bisa jadi salah satu faktor, penyebabnya. Tapi yang paling berpengaruh itu karakter orangnya. Orang yang sudah common sense dan berpikir logis akan bisa menempatkan diri pada sistem tanpa terkerdilkan.”
Seperti yang dikatakan KH. A Muchith M, “ NU ibarat sebuah kebun, tanamannya banyak bermacam-macam tapi semerawut. Secara organisasi NU kdedodoran, tetapi orang NU sangat solid, ikatan batin diantara orang NU sangat kuat.” Oleh karena itu, Adi salah satu alumni KMNU IPB ingin KMNU belajar menjadi terorganisir, sehingga nanti bisa diaplikasikan di NU. Artinya suatu saat NU akan tetap solid dengan iakatan batin tetap kuat, dan ditambah kokoh secara organisasi. Dan di sinilah KMNU IPB hadir untuk memulai semua itu menjadi tunas-tunas harapan untuk NU di masa depan. [MHA]

Leave a Reply

Your email address will not be published.