Categories
Berita Kajian Islam Uncategorized

KAJIAN TASAWWUF DI MA’HAD ‘ALY CARINGIN, BOGOR (PART 1)

Oleh    : Ahmad Nuruddin Zanki Widiyantoro

Bogor (20/3), Ma’had ‘Aly adalah Pondok Pesantren yang Diasuh oleh KH. M. Lukman Hakim, Ph.D. Beliau juga menjadi Pengasuh Majalah Cahaya Sufi dan Sufinews. Beliau lahir di Madiun, 20 April 1962. Setelah menyelesaikan pendidikan di Pondok Pesantren Tebuireng, beliau melanjutkannya di Universitas Gajah Mada dan University of Malaya, Kuala Lumpur. Beliau belajar tasawwuf kepada Syekh KH Andul Jalil Mustaqim, Mursyid Tarekat Syadziliyah, Qadiriyah-Naqsyabandiyah, Samaniyah, dan Syatariyah ( Kedai Sufi, 2005).

Hamzah Al Farisi, M Ilham Akbar, dan Ahmad Fauzi Ridwan dari KMNU IPB bersama dengan rombongan yang dipimpin oleh Ustadz Turmudzi (YIC Al Ghazaly) berangkat menuju Ma’had ‘Aly selepas sholat dhuhur berjama’ah. Pengajian kitab Al Hikam oleh KH. M. Lukman Hakim dimulai jam 3 sore. Beliau menyampaikan bahwa kita ridho kepada Allah bagaimanapun posisi kita. Allah Maha Mengetahui apa yang baik untuk kita menurut Allah bukan baik menurut kita. Sebab, nafsu manusia selalu mengajak kepada yang enak-enak.

Misalnya ketika kita diberi pilihan oleh guru kita tentang pilihan yang sama-sama baik. Memilih untuk mengerjakan tugas atau tidak tentu secara lahiriyah kebanyakan kita akan memilih untuk tidak diberi tugas. Padahal tugas tersebut adalah salah satu cobaan untuk bersikap. Apabila cobaan tersebut kita hadapi dengan menganggapnya sebagai ujian maka sebenarnya kita tidak terlalu ambil pusing dengan bagaimana hasil akhirnya.

Selama kita sudah berusaha dan berdoa dengan maksimal tentu kita juga disertai dengan prasangka baik. Masalah hasil akhir kita tidak boleh ikut campur sebab itu sudah hak preogatif dari guru.

Leave a Reply

Your email address will not be published.