Categories
Uncategorized

ISTI’LAUL QUDRAH : yang Muda yang Beraswaja

Bogor, Ponpes Mina 90 Cibereum. Pada tanggal 13-14 Desember 2014 telah diadakan kegiatan Isti’laul qudroh , yakni sebuah acara penyambutan,pembekalan dan pelantikan untuk angkatan 51 yang merupakan lanjutan dari acara youth camp. Acara ini disambut antusias dari banyaknya peserta berjumlah 50. Isti’laul qudroh selain dihadiri panitia dan peserta, juga dihadiri pengurus dan SC KMNU.

Dalam sambutan hamzah sebagai ketua pelaksana, tujuan dari kegiatan ini untuk membekali mahasiswa baru tentang akidah fikih dan tasawuf agar dapat menghadapi atmosfer keagamaan di kampus. “Melalui KMNU kita harus bisa menjaga kekeluargaan dari segi kualitas dan kuantitas”, harapnya
Isti’laul qudroh atau sering disapa IQ menjadi penegas berharganya nilai-nilai aswaja yang senantiasa ditanamkan melalui tradisi keNUan. Tradisi yang mulai lumpuh karena tidak ada adanya daya dukung lingkungan. KMNU pada garis besarnya sebagai pusat kajian dan membentuk jiwa kepemimipan yang berlandaskan keprofisionalan, tukas ketua kmnu.
Sambutan terakhir dari SC Wahyu Widya Suryani, kembai ditekankan KMNU sebagai tempat orang yang merindukan tradisi NU. NU didirikan berdasarkan 3 kriteria yaitu tasfilul alkar sebagai gerakan keilmiahan, nahdlatul tujar sebagai gerakan kemandirian , nahdlatul wathon bahwa nu mengambil perang dalam pemerintahan. Beliau menegaskan agar anak-anak KMNU harus bisa fokus pada salah satu bidang dari 3 kriteria diatas, serta tidak melepaskan jaringan dari ketiganya. Selain itu, stigma pesantren yang kuno dan dominasi kalangan menengah kebawah harus dirubah. Para santri intelektual di KMNU IPB ini harus tampil percaya diri, dan membangun stigma bahwa santri pesantren bisa lebih mandiri, baik mandiri secara ekonomi, sosial, budaya dan keilmuwan.
Kenikmatan acara ini semakin terasa pada sesi acara mauled dibai, khusuk dan keheningan kembali digoyahkan setalah dilanjutkan acara penampilan angkatan dari kmnu 51. Suasana semakin hangat setelah ditampilakan sebuah video berjudul iklan kmnu. Dini hari pukul 01.00 dilakukan serangkaian acara perjalanan malam dan diakhiri acara inti pelantikan anggota baru KMNU 51 oleh ketua KMNU dan para SC. Pelantikan dilakukan secara simbolik dan pengucapan ikrar. Dilanjut pagi hari kegiatan bersama, yakni outbound dan games. Acara ditutup dengan pembagian sertifikat kepada semua peserta. Pukul 13.00 peserta meninggalkan ponpes Mina dan kembali ke kediaman masing-masing.

Leave a Reply

Your email address will not be published.