Categories
KMNU IPB Uncategorized

Halal bi halal KMNU IPB dalam musim kerinduan

Halal bi halal merupakan tradisi baik dengan saling bermaafan dan menjalin silaturahmi melalui ukhuwah islamiyah bahkan antar sesama. Mengawali perkuliahan semester ganjil KMNU IPB (Keluarga Mahasiswa Nahdlatul Ulama Institut Pertanian Bogor) mengisi halal bi halal dengan majlis khotmil qur’an bin nadzor bersama alumni, pengurus KMNU IPB, dan anggota serta mahasiswa baru IPB angkatan 2015.  Dibuka dengan pembacaan suratul fatihah kemudian tawasul para anbiya’ dan mursalin (para nabi dan rosul serta para wali dan alim ulama)  lalu pembacaan al-quran bersama-sama. 

Selain itu majlis khotmil quran juga diisi dengan sharing oleh alumni kmnu ipb. Banyak hal yang kita dapatkan mulai dari kekeluargaan, harapan, impian, dan maslahah bagi orang lain. Setiap insan pasti memiliki harap dan cita-cita yang indah, namun terkadang kita lupa bahwa poin utama kesuksesan dan keberkahan amal kita adalah bagaimana kita menomor satu kan Allah Swt. Contoh sederhana seberapa seringkah diri kita menunda waktu sholat dengan alasan menyelesaikan satu urusan, dengan dalih pekerjaan yang kita kerjakan nanggung dan sebentar lagi selesai. Tapi kenyataannya ada lagi urusan lain yang menyibukkan diri kita. Tidak hanya dalam dunia akademik bahkan urusan pekerjaan dan profesi, karir juga sama. Sementara disisi lain sudah terbukti bahwa jika kita menyelesaikan urusan kita dengan Allah Swt tentu Dzat Yang Maha Kaya lagi Perkasa pasti membantu urusan kita. Semoga ini menjadi pembelajaran kita semuanya mulai dari sekarang, esok, lusa, dankedepan nantinya. Dan sebaik-baiknya manusia adalah memberi manfaat bagi orang lain baik melalui ilmu, harta, bahkan senyum yang kita berikan terhadap sesama bernilai ibadah. Jika masih belum mampu memberi kemanfaatan antar sesama paling tidak keberadaan kita minimal tidak mengganggu apalagi berdampak buruk bagi orang lain naudzubillah.

Berkah majlis dalam rangka menambah rasa kekeluargaan dan biasanya menjadi tradisi para santri, KMNU IPB menutup majlis dengan acara makan bersama. Musim kerinduan yang sungguh meneduhkan. Setelah majlis khotmil quran, KMNU IPB mengisi momen malam weekend nya dengan keistiqamahan Majlis sholawat dan rebana di masjid jami’ Al-wustha. Masjid warga sekitar kampus IPB yang terletak di BaraTengah desa Babakan. Majlis sholawat dengan pembacaan maulid Ad-dibai memberikan kenyamanan dan kebahagiaan tersendiri bagi teman-teman KMNU IPB dan masyarakat yang aktif dalam ta’mir masjid jami’ Al-wustha. Nada rebana yang mengiringi syair pujian baginda rasul menghembuskan rasa bahagia dan sukaria berdatangan merasuki kalbu. Menyambut datangnya kekasih Allah pembawa anugerah bagi seluruh alam. Maha Agung Allah yang telah memuliakan wujud baginda Rasulillah dengan nur berkilauan. Dengan keindahan yang agung dengan kemuliaannya.

Mahasuci Allah Tuhan Maha Pemurah yang didalam kitab suci Al-quranul Karim mengungkapkan berita gembira melalui firmanNya :

“Telah datang kepadamu seorang rasul dari kalanganmu sendiri, Ia selalu prihatin atas apa yang menimpamu sangat menginginkan kamu dalam keadaan beriman, ia sangat penyantun, sangat penyayang.”

Maka siapa saja yang sampai kepadanya kabar berita ini, serta menerima dengan akal dan hati yang jernih, Niscaya memperoleh petunjuk kearah jalan yang lurus dan tiada sesat. Semoga Allah Swt. Memberikan keistiqamahan kita semua dalam kebaikan serta mengizinkan kita semua memberi kebaikan bagi sesama dan antar sesama. Amiin yaa rabbal alamiin (Ibnun)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.