Categories
Berita Uncategorized

DIREKTUR FORCES IPB BERBAGI ILMU PENULISAN ILMIAH DALAM KOMUNITAS PRESTASI KMNU IPB

Oleh    : Wulan

Tidak jauh berbeda dengan minggu-minggu sebelumnya, setiap pukul 07.30 WIB kami Komunitas berprestasi KMNU IPB belajar bersama. Hari minggu, tanggal 20 maret 2016, kami kedatangan tamu yaitu Mr. DIMAS. Beliau adalah salah satu anggota dari KMNU yang saat ini menjabat sebagai direktur forces. Kegiatan belajar ini kami awali dengan doa bersama. Setelah itu, kami mencoba mengasah kemampuan berbahasa asing denganberbicara bahasa inggris selama 20 menit pertama. Selama 20 menit itu, salah satu dari kami memilih 1 motion dari beberapa motion yang telah tersedia. Hari ini anggota yang berkesempatan mempresentasikan motion tersebuta dalah Hasan Haq. Hasan mempresentasikan motion yang berkaitan dengan international event. In International event we have many advantages, example we will get more knowledge in another country, get more conection, etc. Selama 20 menit itu tidak hanya presentasi tapi juga ada sesi tanya jawab. Setelah 20 berlalu, materi disampaikan oleh Mr. Dimas selama 30 menit dan dilanjutkan dengan diskusi selama 30 menit. Di kesempatan ini Mr. Dimas akan menyampaikan materi yang berkaitan dengan menulis.

Berikuta dalah materi dari Mr.Dimas :

  1. Penulisan ilmiah terdiri dari gagasan dan hasil penelitian. Gagasan berisi ide-ide baru, ide-ide modufikasi, ide-ide yang berupa penyelesaian masalah atau solusi. Gagasan ini dapat diikutkan dalam berbagai lomba, yaitu essay, PKM GT, Pengabdian masyarakat, penelitian di bidang sosial. Hasil penelitian merupakan hasil dari kegiatan penelitian yang telah kita lakukan.
  2. Sistematika penulisan ilmiah, tidak jauh berbeda dari sistematika pada umumnya yaitu teridiri dari pendahuluan, isi, dan penutup.
  3. Sharing pengalaman Mr.Dimas. Banyak teman-teman Mr. Dimas yang menjadi juara dalam menulis dengan bermodalkan laporan. Laporan apa ?? Segala macam laporan, bisa laporan praktikum, laporan kegiatan lapang, dll. Jadi, Mr.Dimas pun sampai saat ini selalu menyimpan semua laporan-laporannya. Mr.Dimas mengatakan segala sesuatu membutukan passion dan keistiqomahan. Dengan passion kita akan melakukan segala sesuatu sesuai dengan kemampuan kita. Istiqoma diperlukan untuk membuat kita lebih fokus pada suatu hal.
  4. Bagaimana kita mendapatkan ide-ide yang cemerlang? Biasanya ide-ide akan muncul dari permasalahan. Dari permasalahan yang ada kita akan menemukan solusi. Solusi inilah sebagai ide kita yang dapat kita tuangkan dalam bentuk tulisan.

Di akhir pertemuan Mr. Dimas memberikan quote ” If you try its easy “. Untuk mengakhiri kegiatan kami, seperti biasa kami berdoa dan bersholawat bersama.

Sumber gambar : http://sdit.nurulfikri.sch.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published.