Dewasa ini, Nahdlatul Ulama (NU) merupakan suatu organisasi masyarakat yang gerakannya mengarah kepada bidang keagamaan. Tujuan NU secara garis besar yaitu “Menegakkan ajaran Islam menurut paham Ahlussunnah waljama’ah di tengah-tengah kehidupan masyarakat dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia”. Dengan tujuan yang cenderung mengarah kepada dakwah, bukan berarti NU lepas tanggung jawab di bidang pendidikan.

Tepat satu dekade sebelum berdirinya NU, berdiri sebuah lembaga pendidikan agama yang bernama “Nahdlatul Wathan” ( kebangkitan bangsa) di Surabaya. Nahdlatul wathan digagas oleh KH. Wahab Hasbullah dan Kyai Mas Mansyur. Nahdlatul wathan bertujuan untuk memperluas dan meningkatkan mutu pendidikan yang dilaksanakan di sekolah atau madrasah.

Berawal dari organisasi inilah disebutkan bahwa cikal bakal Nahdlatul Ulama pada mulanya berasal dari suatu lembaga pendidikan. Sebab itulah, NU mempunyai tanggung jawab besar terhadap pendidikan di negeri ini. Dari awal berdirinya, NU sudah berusaha untuk menciptakan sekolah atau madrasah yang baik dimana merupakan program permanen Nahdlatul Ulama di samping Pondok Pesantren yang merupakan pendidikan non-formal.

Latar belakang itulah yang mendorong dan memotivasi seorang Muhammad Zakiyuddin Siroj (Zaky) untuk memajukan pendidikan anak-anak yang tinggal di sekitar kampus IPB. Kesadaran dan kepeduliannya tersebut tak lepas dari latar belakang dirinya sendiri yang merupakan seorang Nahdliyin sekaligus seorang mahasiswa IPB.

Oleh karena itu, ia merasa turut mengemban tanggung jawab seorang nahdliyin untuk memberikan pendidikan anak yatim dan anak-anak kurang mampu di sekitaran tempatnya tholabull ‘ilmi yaitu di IPB University. Semangat pengabdian Zaky pada awalnya bermula saat ia diajak oleh salah satu seniornya di KMNU IPB yang bernama mas Jose.

Mas jose merupakan mahasiswa IPB dan salah satu pengurus KMNU IPB di divisi eksternal KMNU 2018/2019. Pada mulanya Zaky belum ada ketertarikan untuk mengabdi di bidang pendidikan, namun setelah terjun dan merasakan langsung ia kemudian tertarik dan menyadari bahwa berbagi ilmu itu menyenangkan. Sampai sekarang, setidaknya sudah ada 3 tempat pengabdian yang dikelola oleh Zaky. Salah satunya adalah Nahdlatul Athfal ( NA).

Menurut Zaky, pengabdian adalah tanggung jawab moral yang harus tuntaskan. “Sebagai mahasiswa, kita mempunyai tugas dan kewajiban itu, jadi apa yang saya lakukan sekarang sudah sesuai dengan tri dharma perguruan tinggi. Untuk waktu dekat, saya akan melakukan pengkaderan kepada adik tingkat IPB agar bisa meneruskan pengabdian ini, ya ada saatnya saya harus pensiun dan akan mewariskan ini sebagaimana mas Jose melakukannya tahun lalu” tambahnya.

Zaky berpesan “Ya, sebagai kader muda NU gak boleh tutup mata atas pendidikan yang ada di Indonesia, tidak peduli apapun profesinya, sebagai pemuda kita harus memperjuangkan pendidikan terutama bagi kalangan yang kurang mampu. Bagi para nahdliyin yang sedang menjadi mahasiswa di IPB, monggo bergabung dengan saya di KMNU karena kita punya tanggung jawab moral terhadap pendidikan yang ada di Indonesia”.

Jujur ketika saya masih kecil, saya suka sekali dengan cerita cerita bernafaskan islami, mulai dari sejarah sejarahnya, hingga shirah nabawiyah, dan salah satu tokoh sahabat yang saya idolakan adalah Sayyidina Umar Ibn Khattab yang menurut saya beliau adalah salah satu santri dari Kanjeng Nabi. Bahkan saya ada kepikiran bagaimana agar Islam ini diterima seluruh manusia tanpa terkecuali, bukan main pemikiran saya waktu kecil, sangat muluk muluk dan sangat minim literasi, ya maklum namanya juga anak kecil, yang Alhamdulillah memiliki Ghirah yang sangat tinggi terhadap agama yang saya anut.

Saya waktu TK mengaji di pengajian yang berada di lingkungan Muhammadiyah yang masuknya hanya setiap sore jam 3 sore selesai jam 5. Mulai dari belajar alif, ba, ta, dst. Masuk SD saya bertemu dengan guru agama yang bisa dibilang NU kenthel, Pak B namanya, semakin saya senang dengan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, sempat ketika itu saya pikirkan. Mengapa mata pelajarannya adalah “pendidikan” bukan pengajaran? Pertanyaan itu terjawab oleh beliau, tanpa saya tanyakan terlebih dahulu. Bahwa beda jauh antara pendidikan dan pengajaran. Pendidikan tidak sekadar mengajar di lebih dari itu,jauh makna harfiahnya dari pengajaran, pendidikan itu yang ngemong, ya bersopan, ya bersantun, ya bertata, ya berkrama, ya belajar, ya memahami, ya memaknai, dan sangat luas artinya. Pada intinya pengajaran/pelajaran adalah secuil arti (bukan makna) dari pendidikan. Dari uraian yang singkat dari Guru tersebut saya sangat tertarik dengan pesantren akhirnya.

Iya pesantren, saya punya cita cita besar untuk menjadi seorang santri, namun saya selalu tidak mampu menempuhnya saya rasa. Saya selalu segan menjadi santri. Dulu selepas SD saya sempat punya keinginan 50% masuk di pesantren dan menjadi santri. Ketika itu ayah saya (Allahumaghfirlah) menyarankan saya untuk masuk Gontor saja kalo pingin jadi santri. Tetapi harapan saya adalah di Lirboyo. Kenapa di Lirboyo? Ya jelas, karena guru SD saya nyantri di Lirboyo, saya sangat takjub dengan Lirboyo, tidak tanggung tanggung, bahkan saya mengidolakan tokoh tokohnya, seperti Kiai Agus Maksum Jauhari, Wali Pendekar dari Lirboyo.

Ya, saya sangat mengagumi pesantren, tetapi seperti terjadinya hari ini, saya bukanlah santri. Jadi, saya malu terhadap para santri santri. Saya selalu takdim pada para santri santri, karena jujur menjadi santri bagi saya adalah suatu tugas yang berat. Iya itu tadi, menjadi santri harus bersedia dididik, yang mana saya belum tentu bisa mengiyakan semua pendidikan di pesantren, walaupun saya tahu itu baik dan bagus. Seperti menghafal Alquran, muroti, bandongan, dsb itu sangat bagus. Tetapi saya merasa mungkin saya tidak sanggup melakoninya. Kemudian saya masuk SMP, suatu hal yang baru karena baru lulus dari SD, saya dididik oleh Bu Nurul, Guru Agama masa SMP, juga seperti Pak Bahrun, Bu Nurul adalah NU kenthel. Saya semakin takjub dengan pendidikan santri, padahal saya berada di lingkungan SMP, saya semakin malu dengan para santri, yang ya bisa dikata, SMP mulai tergerus akhlaknya, dan ini membuat saya seharusnya mawas diri. SMP memberi kenangan untuk menjadi siswa. Iya siswa yang sedikit mbalelo, karena itu adalah watak saya, yang tidak jarang mbalelo terhadap guru saya.

Selepas lulus SMP, ternyata teman teman saya ada yang meneruskan nyantri, bahkan adik kelas saya ada yang juga nyantri. Nyantri di Gontor tepatnya, saya tertegun dan malu. Masuk SMA, seperti biasa, yang saya sukai adalah pelajaran sejarah dan matematika, namun saya masuk MIPA, karena saya suka matematika, dan menurut saya, sejarah dapat dipelajari lebih secara otodidak dengan banyak membaca. Benar saya masuk MIPA, tetapi saya masih sangat doyan dengan sejarah, pelajaran sejarah bisa dibilang saya sangat menyukainya, hanya satu tahun saya tidak menyukai sejarah, lebih dikarenakan cara mengajar pengajarnya yang terlalu melihat tulisan daripada memahami tulisan, saya sangat membenci hal tersebut. Tetapi mau dikata apa? Pengajar lebih berkuasa daripada siswanya. Setelah itu saya mulai menikmati sejarah seperti  air kelapa yang masuk ke dalam kerongkongan, segar dan tanpa hambatan. Memahami sejarah begitu mudah dan menyenankan dengan Bu Sumilah sebagai gurunya. Mengalir dan mengalir.

Selepas SMA, saya kuliah di Peternakan, masih sangat suka dengan sejarah, hingga saya membeli buku Atlas Walisongo, tulisan dari Kiai Agus Sunyoto, yaitu Ketua LESBUMI NU. Dalam buku tersebut dijelaskan, siapa santri sebenarnya? Dari mana asal kata santri sebenarnya? Saya baca dan ternyata santri berasal dari kata sastri, sastri berasal dari sastra, jelas sudahlah bahwa santri bermakna pembelajar sastra. Ini merupakan pengertian yang tinggi, sastra tidak hanya mencakup tulisan-tulisan indah namun juga berisi makna yang mendalam. Suluk dalam budaya jawa merupakan sastra, tembang juga merupakan sastra, pantun juga merupakan sastra. Jadi, santri ini sangat sangat luas cakupannya, seperti yang saya tuliskan di paragraf pertama, tidak hanya belajar, tetapi juga bersantun, bersopan, dst. Semakin malu dan takdim terhadap santri. Saya dengan teman teman saya yang dari pesantren, saya selalu merasa takdim dan hormat. Tidak peduli itu adik tingkat saya waktu kuliah. Saya takdim terhadap para santri, terlebih lagi, memang pesantren selalu mengmbangkan santri santri yang kondang kapracondang, dan tak jarang memiliki aji yang linuwih. Seperti Gus Dur, Gus Mus, Gus Muwafiq, Gus Miftah, Habib Luthfi, Cak Nun, dan Cak Nur. Di kontrakan saya juga adalah lulusan pesantren dan saya kalau orang barat simbol penghormatan adalah angkat topi, saya angkat blangkon dalam batin saya. Hingga sekarang, salah satu cita-cita saya masih sama, menjadi santri.

Tulisan oleh Gandawastraatmaja

https://images.app.goo.gl/bHXoEFZRrPxp4bpL6

Oleh Muhammad Afifuddin AK, awardee Muamalat Scholarship

Menurut Badan Pusat Statistik (BPS)[1], data yang terkumpul dari laporan masyarakat dan pengakuan pelaku tindak kriminalitas yang tertangkap oleh polisi selama tahun 2007 tercatat 3145 remaja berusia kurang dari 18 tahun menjadi pelaku tindak kriminal, sedangkan pada tahun 2008 meningkat menjadi 3280 remaja dan tahun 2009 lebih banyak menjadi  4213 remaja. Ditelaah dari data tersebut, kasus kenakalan remaja yang tercatat mengalami kenaikan setiap tahunnya, sedangkan dari angka tersebut masih banyak kasus kenakalan remaja yang tidak tercatat atau tidak dilaporkan, baik dari pelaku atau dari korban itu sendiri.

Kenakalan remaja adalah penyimpangan perilaku dari norma, peraturan, dam hukum yang terbentuk dalam budaya masyarakat yang dilakukan oleh remaja. Remaja dimulai dari umur 12 tahun sampai 22 tahun, yaitu masa peralihan dari masa anak-anak yang rentan, karena masa pencarian jati diri dan mulai melangkah untuk mempersiapkan masa dewasa. Seperti pernyataan Santrock (2012), bahwa kenakalan remaja adalah kumpulan dari berbagai perilaku remaja yang tidak dapat diterima secara sosial hingga terjadi tindakan kriminal. Kategori kenakalan remaja dapat berupa terjadinya tawuran di lingkungan sekolah, membolos sekolah, pemakaian napza atau obat-obatan terlarang, pencurian, dan penyimpangan perilaku yang melanggar norma budaya dan peraturan hukum lainnya

Terjadinya kenakalan remaja bukan tanpa sebab, ada dua faktor yang menjadi penyebab timbulnya kenakalan remaja, yaitu faktor internal yang dipengaruhi oleh masalah yang terjadi dalam keluarga atau pendidikan moral dalam keluarga. Keluarga merupakan penentu pembentukan karakter dan moral anak, jika dalam sebuah keluarga terjadi gesekan seperti broken home dan tidak adanya bimbingan secara berkala atau pengabaian tanggung jawab orangtua terhadap anak dapat memicu awal dorongan anak untuk berperilaku menyimpang. Selain itu, bisa juga diamati dari cara mendidik, kebanyakan seorang anak akan menolak didikan yang kasar dan keras karena saat anak yang belum tahu apa-apa atau masih dalam proses perkembangan dari masa anak-anak ke masa remaja diberi tekanan dengan didikan yang keras dan kasar dapat membentuk karakter anak yang keras dan kasar juga. disebabkan penolakan tersebut, seorang anak akan melampiaskan apa yang menjadi bebannya di rumah dengan kegiatan diluar rumah yang membuatnya merasa nyaman. Maka peran penyebab faktor eksternal akan sangat berpengaruh terhadap keberlanjutan pengembangan sikap dan moral anak. Faktor eksternal berasal dari teman sebaya atau kelompok sosial yang diikuti, jika anak menemukan tempat nyaman diluar rumah dan naluri seorang anak remaja suka mencoba-coba terhadap hal baru muncul, maka akan berdampak negatif jika teman sebaya atau kelompok sosial yang diikuti menyimpang dari norma atau hukum yang berlaku dalam masyarakat.

Sedangkan Konseling sebaya menurut Hunainah (2012) merupakan tingkah laku yang saling membantu serta memperhatikan secara interpersonal diantara teman sebaya, dilakukan oleh individu non-profesional dalam bidang layanan konseling. Bimbingan konseling sebaya berlangsung dalam kehidupan sehari-hari seperti yang terjadi dilingkungan sekolah. Keterampilan yang dibutuhkan dalam membantu tersebut adalah keterampilan dalam mendengarkan dengan aktif, bersikap empati dan mampu memecahkan masalah. Kedudukan antar individu yang membantu dan yang dibantu adalah setara. Esensinya model konseling sebaya yaitu model konseling yang menggunakan kekuatan pengaruh teman sebaya. Alasannya pengaruh teman sebaya lebih besar dibanding guru maupun orang tua.

Astuti (2015) menjabarkan Konseling sebaya (peer counseling) adalah bantuan konseling yang di berikan oleh teman sebaya yang telah terlebih dahulu diberikan pelatihan untuk menjadi konselor sebaya, sehingga dapat memberikan bantuan baik secara individual maupun kelompok. Bantuan berupa bimbingan diberikan kepada teman-teman yang bermasalah ataupun mengalami berbagai hambatan dalam perkembangan kepribadiannya.

Muslikah (2016) mengemukakan unsur penting dalam konseling sebaya diantaranya, sebagai usaha yang memberikan bantuan yang bersifat interpersonal, dilakukan oleh pihak yang nonprofessional namun dibawah bimbingan professional konselor, dilakukan dalam rentan usia yang relatif sama, dan pelaksanaan dibawah bimbingan konselor ahli.

Dalam prakteknya, konseling sebaya atau biasa disebut dengan peer counseling akan menciptakan stigma lebih nyaman bagi remaja, karena gap umur yang terjadi antara remaja dan konselor profesional menyebabkan kebanyakan remaja merasa malu dan kurang percaya diri untuk mengungkapkan masalah yang terjadi. Gladding (2012) mengungkapkan bahwa dalam interaksi teman sebaya memungkinkan terjadinya proses identifikasi, kerjasama dan proses kolaborasi. Proses-proses tersebut akan mewarnai proses pembentukan tingkah laku yang khas pada remaja. Oleh karena itu, adanya peer counseling dalam lingkungan sekolah maupun perguruan tinggi dapat mengurangi angka kenakalan remaja dan dampak yang lebih parah setelah terjadi kenakalan pada remaja.

Dalam rangka mencegah atau mengatasi kenakalan remaja dapat dimulai dari hal-hal kecil dalam diri sendiri. Sebagai generasi penerus bangsa, maka hal penting yang perlu digaris bawahi adalah peningkatan kualitas diri. Jika diri sendiri berusaha menjadi lebih baik, maka saat sudah menjadi orangtua diharapkan dapat mendidik anak dengan baik dan cerdas. Akan terjadi sebaliknya jika diri sendiri tidak mau meningkatkan kualitas diri, maka kualitas generasi setelahnya dapat dijamin menjadi generasi dengan kebobrokan moral tinggi. Terbukti dari banyak kasus kenakalan remaja yang semakin meningkat setiap tahunnya.

Peran orang tua juga sangat penting dalam mencegah dan mengatasi permasalahan kenakalan remaja. Peran orangtua sebagai tenaga pendidik awal dalam proses perkembangan anak bertugas membimbing dan mengarahkan anak dengan memberikan sikap atau contoh perilaku yang baik terhadap anak. Membimbing masa remaja anak dengan kasih sayang dan pemahaman atau pengertian sikap baik dan buruk pada anak.

Sedangkan keterlibatan lingkungan, tatanan masyarakat, dan pemerintah dalam permasalahan remaja juga penting untuk diperhatikan, karena bagaimana keberlangsungan suatu masyarakat atau negara tergantung kualitas remaja sebagai generasi penerus. Penciptaan lingkungan yang damai dan ramah terhadap anak, dapat meminimalisir tingkat kriminalitas dan kenakalan remaja. Hal yang banyak menjadi tugas pemerintah adalah dari pengembangan ekonomi dan pendidikan, jika kualitas ekonomi masyarakat baik dan kualitas pendidikan anak dapat lebih fokus kepada pengembangan potensi anak, maka anak tidak akan merasakan krisis identitas dan tidak mengenal potensi diri sendiri sehingga menghambat dalam proses aktualisasi diri anak.

Daftar Pustaka

Astuti, Shofi Puji. (2015). Efektifitas Konseling Sebaya (Peer Counseling) dalam Menuntaskan Masalah Siswa. Tesis. Yogyakarta.

Badan Pusat Statistik. 2010. Profil Kriminalitas Remaja 2010. Dalam https://www.bps.go.id/publication.

Gladding, S. 2012. Konseling Profesi Yang Menyeluruh. Cetakan I. Edisi Ke Enam. Jakarta: Indeks.

Hunainah. (2012). Model dan  Implementasi Model Konseling Sebaya. Bandung: Rizqi Press.

Muslikah, Sigit H, dan Zaki NA. (2016). Pengembangan Model Peer Counseling Sebagai Media Pengalaman Praktik Konseling.  Indonesian Journal Guidance and Counseling, Vol. 5 No. 3.

Santrock, John W. 2012. Life Span Development Perkembangan Masa Hidup Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

[1] Badan Pusat Statistik. 2010. Profil Kriminalitas Remaja 2010. Dalam https://www.bps.go.id/publication.

 

Oleh Muhammad Afifuddin Abdurrosyid Kamil, awardee Muamalat Scholarship

Dibalik kemajuan ekonomi Kabupaten Banyuwangi selama 10 terakhir, ternyata masih menyimpan sebuah rahasia besar berupa perampasan kesejahteraan yang dilakukan oleh pemerintah dan perusahaan tambang emas. Perizinan yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Banyuwangi kepada perusahaan tambang emas atas eksploitasi Bukit Tumpang Pitu yang berstatus sebagai hutan lindung, membuat masyarakat semakin tidak berdaya dalam memperjuangkan haknya. Tindakan represif yang selalu dilakukan oleh aparat kepada masyarakat saat aksi damai berlangsung membuat saya yakin bahwa perusahaan dan pemerintah sedang bekerjasama untuk membabat habis kekayaan alam di Hutan Lindung Bukit Tumpang Pitu tanpa mempedulikan nasib masyarakat setempat.

Demo aksi penolakan dan pemasangan listrik di tambang emas Tumpang Pitu yang terjadi pada tahun 2017 merupakan puncak kemarahan dari masyarakat Desa Sumber Agung, Kecamatan Pesanggrahan, Kabupaten Banyuwangi. Kemarahan masyarakat ini dipicu oleh kehadiran perusahaan tambang yang dianggap telah melakukan pengerusakan ekosistem alam di kawasan hutan lindung tersebut. Hutan dan pantai yang menjadi lahan utama mata pencaharian mereka sudah tidak bisa lagi diandalkan, limbah tambang yang dibuang sembarangan tanpa melakukan kajian  AMDAL yang benar membuat seluruh mata air, pantai, dan tanah yang ada di kawasan tersebut tercemar. Sebagian masyarakat desa terpaksa pindah ke daerah lain karena kebutuhan ekonomi mereka tidak lagi dapat terpenuhi dan sebagian lagi memutuskan untuk bertahan memperjuangkan hak mereka. Selama Pemerintah Kabupaten Banyuwangi masih belum mencabut izin dari perusahaan tambang di kawasan Bukit Tumpang Pitu, selama itu pula konflik antara masyarakat dengan perusahaan tambang akan terus berlanjut. Sampai saat essai ini ditulis, perusahaan tambang masih melakukan aktivitasnya dan masyarakat masih terus bertahan memperjuangkan hak yang telah dirampas oleh perusahaan.

Sejak Tahun 2012, setidaknya terdapat 4.998 hektar dan 6.623 hektar kawasan Hutan Lindung Bukit Tumpang Pitu yang dikuasi oleh PT BSI dan PT DSI (Grup PT Merdeka Copper Gold, Tbk). Tidak kurang dari 75% luas kawasan Bukit Tumpang Pitu terancam menjadi sebuah lubang galian raksasa. Kehancuran Bukit Tumpang Pitu akibat alih fungsi lahan membuat masyarakat takut kehilangan “pagar alam” yang selama ini telah melindungai mereka dari ancanaman tsunami seperti yang terjadi pada tahun 1994. Aktivitas eksploitasi ini tidak hanya menjadi sumber masalah konflik sosial antara masyarakat dengan perusahaan tambang, namun sudah mulai merambat ke permasalahan ekonomi dan isu lingkungan.

Berbagai upaya telah dicoba untuk mendamaikan kedua belah pihak, tak kurang dari puluhan negosiasi telah disepakati dan sebanyak itu pula kesepakatan tersebut dikhianati. Pada akhirnya masyarakat sudah terlalu geram dengan upaya-upaya damai yang dilakukan, sehingga mereka sudah bulat memutuskan untuk melawan dan melanjutkan konflik sampai perusahaan bersedia angkat kaki dari Bukit Tumpang Pitu sebelum kawasan tersebut benar-benar hancur. Hanya ada dua pilihan bagi masyarakat, pertama mereka harus membuat perusahaan angkat kaki dari kampung halaman mereka atau mereka sendirilah yang harus meninggalkan kampung halamannya.

Sampai saat ini belum ada solusi untuk permasalahan Bukit Tumpang Pitu. Oleh karena itu, masyarakat desa kawasan Bukit Tumpang Pitu mengajak seluruh lapisan masayarakat Banyuwangi untuk mendukung mereka. Jika hal ini terus berlanjut, bukan tidak mungkin akan semakin banyak perusahaan besar lain yang datang ke daerah Kabupaten Banyuwangi untuk melakukan pengerusakan alam seperti di Bukit Tumpang Pitu. Saya, sebagai bagian dari masyarakat terdampak hanya berharap untuk tetap bisa hidup bersama Bukit Tumpang Pitu baik dengan bantuan pemerintah maupun tanpa bantuan pemerintah.

KMNU IPB- Perkembangan era globalisasi sangat mempengaruhi berbagai aspek kehidupan di zaman ini. Berbagai tata cara, pola hidup dan pandangan sosial turut serta mengalami perubahan seiring dengan perkembangan zaman. Di tengah menggeliatnya perkembangan zaman itu, ternyata  masih terdapat masyarakat yang mempertahankan pola kehidupan dengan paradigma kearifan lokal. Biasanya masyarakat tersebut akan beranggapan bahwa, semua perkembangan baik itu bidang teknologi maupun tata cara dan pandangan hidup, tidak semua dapat diterapkan terutama di Indonesia. Ada beberapa yang harus disaring dan ditimbang terlebih dahulu untuk kemudian dapat diterapkan dalam kehidupan bermasayarakat.

Kearifan Lokal di Dunia Pertanian

Kearifan lokal merupakan refleksi norma dan nilai dalam masyarakat terhadap terhadap lingkungan yang diyakini sebagai oikos ( bahasa Yunani; keluarga atau rumah tangga ) yang harus dilestarikan. Kearifan lokal sebagai bentuk identitas yang melekat pada sebuah bangsa yang harus dilestarikan. Kearifan lokal menyimpan keluhuran dan keberadaban dalam sebuah bangsa dan memiliki makna yang diupenuhi falsafah kehidupan yang penuh makna dan dapat menciptakan keseimbangan dalam tata kehidupan.

Berbicara mengenai dunia pertanian, sektor inilah yang paling kompleks dan memberikan kontribusi besar bagi kehidupan suatu bangsa. Selain hal pangan, ada juga sisi lain yang turut serta yaitu,  sebagai pembentuk identitas suatu bangsa.

Kearifan lokal Pertanian Indonesia di  Era Revolusi Industri 4.0

Perkembangan teknologi digital zaman sekarang sangat mempengaruhi bidang pertanian. Sejak manusia masih mengandalkan tenaga manual  pertanian hingga kini teknologi digital dalam era revolusi 4.0, interaksi manusia dengan pertanian tidak pernah terputus sebagai sumber kehidupan. Pertumbuhan penduduk dan kebutuhan di dalamnya telah ikut mengubah cara bertani dari masa ke masa, seiring dengan perubahan pola pandang manusia terhadap pertanian.

Di era semakin majunya teknologi  pertanian, masih ada masyarakat Indonesia yang mempertahankan pertanian dengan paradigma kearifan lokal ( local wisdom ). Pengetahuan dan kebudayaan lokal menjadi tahapan teknis pertanian yang masih dijalankan di beberapa daerah di Indonesia misalnya, di Sumatera Barat ada ritual yang disebut “Mambiak Padi”, Suku Dayak memiliki tradisi “Aruh Baharain” dan Suku Jawa ada tradisi sedekah bumi dan di Jawa Barat terdapat tradisi menghormati  padi pada masyarakat sunda “ Wawacan Sulanja”. Kearifan lokal berkembang sebagai sistem kepercayaan  yang berdampak pada konservasi lingkungan. Dampak yang ditimbulkan adalah harmonisasi rantai sosial, ekonomi, dan lingkungan. Kearifan lokal menjadi simbol bahwa masyarakat menghargai dan merawat tradisi leluhur dan juga menjadi simbol bahwa petani menjaga budaya agraris pada suatu daerah. ( paktanidigital.com )

Dalam konteks Revolusi Industri 4.0 kedua variabel tersebut seharusnya saling melengkapi satu sama lain, saling mengakomodasi ide dan inovasi dalam rangka mewujudkan pertania yang berkelanjutan.Kearifan lokal pertanian mampu membentuk Local knowledge ( pengetahuan local )  yang dapat diambil pelajarannya secara filosofis dan pragmatis dan  teknologi pertanian muncul sebagai respon efektiffitas serta peningkatan produksi. Jikalau kedua hal tersebut dapat diterapkan dan diaplikasikan dengan baik maka sistem pertanian yang terpadu tanpa menghilangkan sisi ke – Indonesiaan yang menjunjung tinggi nilai keluhuran dan kelestarian lingkungan dapat terlaksa dengan baik.

Oleh Ricky Gusnia D ( Mahasiswa IPB University )

Pustaka :

https://paktanidigital.com/artikel/kearifan-lokal-pertanian-dalam-era-teknologi-digital/

Karya : Ricky Gusnia

 

Aku kau dan mereka adalah kita

Diriku dirimu dan dirinya adalah diri kita

Bergumul menjadi satu dan mendarah daging

Dalam satu mimpi dan cita abadi

Yang getarannya selalu bergerilya dalam diri

Yang menyatu dalam hembusan nafas yang terhirup setiap  saat

 

Perjuanganku dan perjuangan mereka

Tanpa cacat sedikitpun dan sempurna

Pengabdianku dan pengabdian mereka

Kupersembahkan tanpa ada pamrih dan sukarela

Namun apa dayalah kami sebagai manusia yang tetap butuh imbalan yang setara

Karena kami punya anak dan istri juga , bukankah kau juga begitu ?

 

Akulah manusia ladang yang ingin hidup kalian bahagia

Keringatku keringat mereka

Kupersembahkan semua untukmu Tuan

Tapi janganlah kau anggap rendah diriku atas profesiku

Bukankah kau juga tau  Sabda Bung Karno , Pangan hidup mati bangsa !

Aku memanggilmu duhai pemimpin dan para pemuda

Untuk berjuang dan berkarya bersama demi negara

Peran perempuan merupakan faktor penting dalam menstabilkan ekonomi keluarga masyarakat khususnya nelayan (capture fisheries).  Strategi yang ditempuh oleh rumah tangga nelayan dalam ketidakpastian ekonomi mendorong perempuan nelayan untuk ikut serta dalam mencari nafkah. Disisi lain perempuan nelayan juga lebih dominan dalam mengatur pengeluaran kebutuhan sehari-hari.

Pada umumnya perempuan nelayan hanya menjalankan fungsi domestik dan ekonomi, namun dalam aspek kemasyarakatan, perempuan nelayan mampu menciptakan pranata-pranata sosial yang penting bagi stabilitas social pada komunitas nelayan. Seperti kegiatan pengajian, simpan pinjam, dan arisan yang mempunyai arti penting dalam membantu mengatasi ketidakpastian penghasilan ekonomi keluarga. Selanjutnya, Apakah boleh seorang perempuan mencari nafkah? Bagaimana hukumnya?

Pertama: Pada dasarnya perempuan mempunyai kedudukan yang mulia didalam Islam, kodrat perempuan adalah untuk dimuliakan dan dilindingi. Oleh karena itu, dalam  rumah tangga laki-laki lah yang lebih berperan dalam mencari nafkah di luar rumah. Sedang istri berada di rumah mengatur urusan rumah tangga, mendidik dan membersamai anak.

وَقَرْنَ فِي بُيُوتِكُنَّ وَلَا تَبَرَّجْنَ تَبَرُّجَ الْجَاهِلِيَّةِ الْأُولَى

“Dan hendaklah kamu tetap di rumahmu dan janganlah kamu berhias dan bertingkah laku seperti orang-orang Jahiliyah yang dahulu.” (QS. Al Ahzâb [33]: 33)

Kedua : Berdasarkan dalil berikut, ulama memperbolehkan (dengan syarat):

وَلَمَّا وَرَدَ مَاءَ مَدْيَنَ وَجَدَ عَلَيْهِ أُمَّةً مِنَ النَّاسِ يَسْقُونَ وَوَجَدَ مِنْ دُونِهِمُ امْرَأَتَيْنِ تَذُودَانِ قَالَ مَا خَطْبُكُمَا قَالَتَا لَا نَسْقِي حَتَّى يُصْدِر  الرِّعَاءُ وَأَبُونَا شَيْخٌ كَبِير.

Dan tatkala ia (Musa) sampai di sumber air negeri Mad-yan ia menjumpai di sana sekumpulan orang yang sedang meminumkan (ternaknya), dan ia menjumpai di belakang orang banyak itu, dua orang wanita yang sedang menghambat (ternaknya). Musa berkata: “Apakah maksudmu (dengan berbuat begitu)?” Kedua wanita itu menjawab: “Kami tidak dapat meminumkan (ternak kami), sebelum pengembala-pengembala itu memulangkan (ternaknya), sedang bapak kami adalah orang tua yang telah lanjut umurnya”.

Adapun syarat-syarat tersebut diantaranya:

  1. Seorang perempuan bekerja di luar rumah apabila ada kebutuhan untuk itu, tanpa melalaikan tugas pokoknya di dalam mengurus rumah tangga.
  2. Dia bekerja setelah mendapatkan ijin dari suami atau orang tuanya, jika tinggal bersama mereka.
  3. Dia bekerja pada bidang yang sesuai (dengan tabiat perempuan).
  4. Dia bekerja pada tempat kerja yang tidak ada di dilamnya hal-hal yang diharamkan Allah SWT (seperti  khalwat atau ikhtilat).
  5. Menjaga adabnya sebagai wanita Muslimah dan menjauhi hal yang terlarang.
  1. Pekerjaan yang ia kerjaan adalah pekerjaan yang halal.

Rumah Tangga merupakan dua istilah kata yang dikelola sedemikian rupa oleh sepasang manusia, suami dan istri  untuk saling melengkapi. Sebagaimana Sabda Rosulullah SAW :

خَيْرُكُمْ خَيْرُكُمْ لأَهْلِهِ وَأَنَا خَيْرُكُمْ لأَهْلِى

“Sebaik-baik kalian adalah yang paling baik terhadap keluarganya, dan aku adalah yang paling baik terhadap keluargaku.” (Hadits Riwayat Tirmidzi)

أَكْمَلُ الْمُؤْمِنِيْنَ إِيْمَانًا أَحْسَنُهُمْ خُلُقًا، وَخِيَارُكُمْ خِيَارُكُمْ لِنِسَائِهِمْ

“Mukmin yang paling sempurna imannya adalah yang paling baik akhlaknya, dan sebaik-baik kalian adalah yang paling baik terhadap istri-istrinya.” (HR. At Tirmidzi)

Rasulullah SAW juga bersabda, “Jika seorang perempuan melaksanakan sholat lima waktu, berpuasa di bulan Ramadhan, menjaga kehormatannya, dan menaati suaminya, maka akan dikatakan kepadanya, ‘Masuklah ke dalam surga dari pintu mana yang kamu kehendaki.”

Islam merupakan agama yang syamil mutakamil  (sempurna dan menyeluruh). Ajaran islam sangat komprehensif dan terperinci. Islam mengatur segala aspek kehidupan, tak terkecuali keluarga.   Terdapat puluhan ayat Al-Qur’an dan ratusan hadits Baginda Nabi SAW yang membahas permasalahan keluarga. Islam memang memberikan perhatian besar dalam hal penataan keluarga. Hal ini terbukti, bahwa seperempat bagian dari fiqh (hukum islam) yang dikenal dengan rub’ul munakahat  (seperempat masalah fiqih nikah) berbicara tentang keluarga.

Demikianlah, dalam berumah tangga idealnya tak bisa dibangun hanya oleh suami saja, istri juga memiliki  peran yang sangat penting. Begitupula sebaliknya, tanpa suami seorang istri akan kerepotan mengurus keluarga. Pada masing-masing laki-laki dan perempuan ada peran yang tak bisa digantikan.  Antara suami dan istri masing-masing saling membutuhkan dan saling melengkapi satu sama lain. Sekuat apapun laki-laki, tanpa perempuan ia takkan mampu meletakkan kata “tangga” setelah “ rumah”, begitupula sebaliknya.

Wallahu a’lam.

Penulis :

Akhmad Nurhijayat, SPi (Social-Ecological System Of The Oceans Lab – FPIK IPB)

Azif Muthon, Lc (Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab)