Categories
KMNU IPB Opini Uncategorized

Bahaya Negative Thinking Bagi Tubuh

Manusia diciptakan oleh tuhan dengan sejuta kelebihan. Kelebihan dan karunia terbesar yang diberikan pada manusia adalah akal dan pikiran. Akal dan pikiran manusia dikendalikan oleh otak dengan berbagai macam syaraf dan kelenjar endokrin yang mendukungnya.

Komponen syaraf yang berperan dalam hal ini yaitu saraf pusat, saraf otonom dan saraf perifer, sedangkan kelenjar endokrin utama yang berperan yaitu hipofise (master of glands).
Saat ini telah ditemukan banyak sekali jenis penyakit dengan tingkat resiko yang bermacam-macam. Penyakit dengan resiko rendah sampai sedang diantaranya yaitu sakit gigi dan influensa, sedangkan penyakit dengan resiko tinggi contohnya adalah stroke dan diabetes. Namun banyak dari masyarakat kurang mengetahui penyebab utama dari penyakit-penyakit tersebut, padahal jika masyarakat mengetahuinya maka resiko terjadinya penyakt-penyakit tersebut tentu bisa diminimalkan.

Hal penting dan jarang diketahui oleh masyarakat pada umumnya adalah respon dari stress,sifat iri, dengki dan sifat-sifat negatif lainnya ternyata dapat memicu tubuh untuk melakukan respon negatif. Ketika seseorang mengalami stres berat, maka hormon kortisol dalam tubuh akan berkurang. Perlu diketahui hormon kortisol ini merupakan hormon yang diproduksi oleh kelenjar adrenal, dan sekresinya diatur oleh hipofise (master of glands). Hormon ini berfungsi untuk mengatur metabolisme, keseimbangan glukosa, serta sistem kardiovaskular tubuh. Jika seseorang mengalami stress berat, maka produksi hormon ini akan. Hal tersebut akan menjadikan proses metabolisme tubuh tidak berjalan lancar, keseimbangan glukosa darah terganggu, imunitas tubuh menurun serta aliran darah dalam tubuh tidak stabil. Respon tersebut selanjutnya akan memunculkan berbagai macam penyakit sepert influenza, stroke dan diabetes. Oleh karena itu, seseorang yang dapat menjaga perasaan, pikiran dan akalnya dari hal-hal yang negatif juga secara langsung telah melakukan pencegahan terhadap resiko penyakit yang dapat merugikan tubuh orang itu sendiri.

Akal dan pikiran yang dilatih untuk hal positif tentunya juga akan memberikan korelasi yang positif terhadap kesehatan tubuh. Kesehatan adalah sesuatu yang mahal dan sulit untuk didapatkan. Oleh karena itu dalam situasi dan kondisi apapun, hendaknya seseorang tetap menjaga perasaan dan pikirannya dari hal-hal negatif, sehingga kesehatan itu akan didapat dengan sendirinya.

Kotributor : Hamdan Ubaidillah

Leave a Reply

Your email address will not be published.