Bagaimana Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh?

0
111
https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/mitos-sistem-kekebalan-tubuh/

“Ada beberapa cara yang dapat membantumu untuk meningkatkan sistem imunmu. Jika sistem imunmu baik, maka akan menurunkan risiko terserang penyakit”

Setiap orang pasti pernah terserang penyakit. Pernahkah kalian menemukan temanmu yang jarang sekali mengalami sakit seperti flu ? atau salah satu keluargamu yang jarang sekali sakit walaupun satu keluarga sedang sakit ?

Yah, itu menunjukkan bahwa sistem imunitas seseorang berbeda-beda. Sebangain besar orang mengalami sakit minimal setahun sekali. Namun, jangan khawatir karena ada berbagai macam cara untuk meningkatkan sisten imunmu. Hal ini nampak seperti sulap, namun ini memang nyata dan sangat sederhana. Di samping itu, juga tidak membutuhkan perubahan gaya hidupmu secara signifiakan.

1. Penuhi Kebutuhan Protein (telur, daging)

Protein adalah bahan baku kunci yang berguna untuk membentuk sel di seluruh tubuh, tidak hanya sistem imun. Untuk sistem imun, protein mengandung asam amino yang disebut L-arginine.

Penelitian pada tingkat populasi menujukkan bahwa orang yang terkena flu atau orang yang luka bakar parah, asam amino L-arginine membantu menghasilkan sel T helper. Sehinngga ia akan menghasilkan sel spesifik yang akan melawan virus tersebut.

2. Konsimsi Bahan Herbal (Kunyit, rempah-rempah, bawang putih, dan jamur)
Beberapa bahan alam tertentu yang dikonsumsi dapat menjaga sistem imun pada kondisi yang sangat baik. Tumbuhan herbal seperti kunyit, rempah-rempah, lada telah digunakan berabad-abad untuk bahan-bahan obat.

Mengkonsumsi jamur, dan bawang putih memberikan efek yang bagus untuk kesehatan tubuh. Jamur memiliki senyawa antiinflamasi (peradangan) dan meningkatkan sistem imun secara signifikan pada periode waktu tertentu. Konsumsi bawang putih juga menjaga performa tubuh, karena telah dimanfaatkan berabad-abad untuk bahan obat-obatan.

3. Olahraga Cukup
Cara lain untuk meningkatkan sistem imun adalah kamu harus bergerak atau olahraga. Sistem imun merespon olahraga dengan produksi sel darah yang lebih untuk melawan bakteri patogen. Semakin olahraga secara rutin, maka semakin bertahan lama.

Penelitian membuktikan orang yang rutin berolahraga dengan cukup 5 atau 6 hari sekali memiliki setengah kali risiko pilek dan sakit tenggorokan dibanding orang yang tidak berolahraga.

4. Kurangi stres
Mengurangi stres juga membantu mendukung sistem imun bekerja normal. Studi melaporkan bahwa bahagia atau tertawa meningkatkan level hormon endorfin dan hormon-hormon lain yang merangsang relaksasi.

Stres kronis dapat menurunkan respon sistem imun dan kemampuan untuk melawan penyakit. Oleh karena itu, menurunkan stres membantu untuk mencegah infeksi dan penyakit lainnya.

5. Tidur cukup
Tidur mempengaruhi sistem imun dalam berbagai cara. Penelitian menunjukkan bahwa ketika kamu sakit, tidur membantu untuk menyebarkan sel imun ke nodus limfe, yaitu tempat dimana mereka bekerja melawan infeksi. Tidur juga berperan penting dalam produksi sel imun untuk mematikan penyakit

Cara lainnya adalah keluar sesering mungkin. Berjemur di bawah matahari membantu kerja sistem imun. Peneliti menemukan jika sinar matahari memberi energi sel T dalam melawan infeksi.

Jadi, gerakkan tubuhmu, tidur cukup, makan sayur dan buah.

Alih bahasa: @alfarisi_hamzah
Sumber: Video Hashem Al-Ghaili, fb.me/sciencenaturepage

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here