Yuk Cari Tahu Lebih Banyak tentang Perayaan Maulid Nabi di Berbagai Belahan Dunia!

Yuk Cari Tahu Lebih Banyak tentang Perayaan Maulid Nabi di Berbagai Belahan Dunia!

Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW yang jatuh pada tanggal 12 Rabiul Awal tahun Hijriyah menjadi tradisi yang sangat istimewa bagi seluruh ummat Islam. Tidak hanya ummat Islam di Indonesia, ummat Islam di seluruh dunia pun tidak ketinggalan dalam merayakan hari kelahiran Rasulullah SAW ini. Perayaan ini  menjadi ekspresi rasa bahagia dan syukur ummat Islam atas kelahiran Nabi Muhammad SAW. Di Indonesia sendiri perayaan Maulid Nabi biasanya dilakukan dengan pembacaan sholawat, pengajian, dan beberapa hal lainnya tergantung wilayah masing-masing. Beberapa negara dengan penduduk muslim yang ada di Dunia merayakan Maulid nabi dengan berbagai macam cara. Lantas bagaimana dengan perayaan maulid nabi di berbagai belahan dunia?

  1. China

China menjadi salah satu negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia. Penduduk China menganut keyakinan yang beragam. Salah satu keyakinan yang dianut oleh penduduk negara ini adalah islam. Ummat muslim di negara Chian juga tidak ketinggalan dalam merayakan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW ini. Perayaan maulid di sana dilakukan dengan membaca Al-Quran, tausiyah, serta bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW. Tidak hanya itu, saat perayaan maulid nabi ummat muslim di China akan mengadakan pesta dengan menyembelih hewan-hewan ternak.

  1. Australia

Berbeda dengan negara China, negara sekaligus benua dengan julukan ‘kanguru’ ini memiliki tradisi tersendiri. Ummat muslim di Australia merayakan maulid nabi dengan suka cita. Perayaan maulid nabi tidak hanya dilakukan dalam rangka perayaan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW tetapi juga sebagai ajang silaturahim antar ummat muslim di Australia. Di negara ini, peryaan maulid nabi diselenggarakan secara resmi oleh Darul Fatwa Australia dan dipusatkan di Sydney Olimpic Park. Saat perayaan maulid, Sydney Olimpic Park akan dihias dengan bendera, bunga, balon, dan lainnya sehingga  menjadikan tempat ini tampak lebih indah. Ummat Islam di Australia akan berkumpul di sana dan mendengarkan ceramah agama. Dalam perayaannya, akan dilantunkan ayat suci Al-Quran, lagu islami dan sholawat yang dibawakan oleh anak-anak muslim Australian dalam berbagai bahasa.

  1. Inggris

Perayaan maulid nabi juga dilakukan di belahan bumi utara seperti benua eropa. Salah satu negara yang merayakan maulid nabi di benua eropa yaitu Inggris. Ummat muslim di Inggris yang tinggal di London akan membuat acara saat maulid nabi. Perayaan maulid nabi dilakukan dengan mengadakan berbagai macam kegiatan seperti konferensi, ceramah, seminar, dan kuis. Tidak hanya itu, perayaan maulid nabi di sana juga dilakukan dengan agenda wajib yaitu pembacaan Al Quran, lagu-lagu islam, ceramah, serta sholawat kepada Nabi Muhammad SAW. Yang membedakan dari perayaan maulid nabi di Inggris yaitu diadakannya jamuan untuk para tamu selepas pelaksanaan acara.

  1. Nigeria

Tidak kalah dengan negara-negara yang telah disebutkan sebelumnya, Nigeria sebagai salah satu negara yang terletak di Benua Afrika juga turut merayakan hari kelahiran Baginda Rasulullah. Bahkan perayaan maulid nabi di negara ini dirayakan dengan sangat meriah. Perayaan maulid nabi dilaksanakan selama tujuh hari berturut-turut. Selama perayaan diadakan berbagai perlombaan seperti lomba tilawah antar sekolah, serta menerjemahkan dan membacakan teks Islam ke bahasa lokal. Teks-teks yang diterjemahkan berisi tentang sejarah kehidupan Nabi Muhammad SAW.

  1. Amerika

Perayaan maulid nabi di Amerika dilakukan oleh komunitas-komunitas muslim yang ada di sana. Mengingat bahwa populasi warga muslim di Amerika tidak sebanyak di benua lainnya, kebanyakan ummat muslim tergabung dalam sebuah komunitas. Acara maulid nabi diadakan dibeberapa lokasi yang ada di Amerika seperti California, Los Angeles, New York dan lainnya. Maulid nabi dilakukan dengan suka cita. Beberapa acara formal seperti sambutan para tokoh yang diundang, ceramah agama, dialog dan jamuan makan pun dilaksanakan.  Perayaan ini juga menjadi ajang silaturahim antar anggota.

Nah, itu tadi beberapa perayaan maulid nabi yang ada di berbagai belahan dunia. Maulid nabi sebagai hari kelahiran baginda Rasulullah memang selayak dirayakan dengan suka cita. Tidak hanya di Indonesia ya, ternyata negara-negara di dunia juga tidak mau ketinggalan. Sudah tahu antusiasme ummat muslim di dunia dalam merayakan hari kelahiran Rasulullah? Lantas masih malaskan untuk merayakannya? Yuk bersama rayakan Maulid nabi dan nantikan syafaatnya di akhirat nanti.

Sumber gambar : LINTASNASIONAL.com

muhammad

Related Posts
Leave a reply