BEKALI KADER BARU, KMNU IPB GELAR ASWAJA YOUTH CAMP (AYC) 2016

BEKALI KADER BARU, KMNU IPB GELAR ASWAJA YOUTH CAMP (AYC) 2016

Ahad (9/10), KMNU IPB kembali menggelar Aswaja Youth Camp  (AYC) untuk membekali dan membentengi kader-kader baru angkatan 2016 atau biasa disebut angkatan 53. AYC yang merupakan acara pengaderan rutin tahunan ini memiliki tujuan membekali kader baru KMNU IPB mengenai tiga aspek penting, yaitu Aswaja, NU, dan KMNU itu sendiri.

Bertempat di RK.U 3.01 Fakultas MIPA Institut Pertanian Bogor, acara dimulai tepat pukul 10 waktu setempat dan dibuka oleh MC Sirojul Abidin dan Nalbas Suny Lazuardy. Untuk menambah kehikmatan acara, setelah pembacaan tilawah Al-Quran oleh M. Kholili, acara dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Yahlal Wathon.

Turut hadir sebagai pembina KMNU IPB, Ir Ismatul Hakim MSc. Dalam sambutannya beliau menyampaikan secara garis besar betapa pentingnya mengkaji kitab kuning karena merupakan pustaka islam yang terjaga keautentikannya. Untuk membekali ilmu fiqih dasar Madzhab Imam Syafi’i, hadir Ustadz Abdurrahman yang merupakan salah satu asaatidz di Pondok Pesantren Mahasiswa Al-Ihya Dramaga. Menambahkan yang telah disampaikan oleh Ir Ismatul Hakim,  Ustadz Abdurrahman juga menyampaikan betapa pentingnya belajar kitab kuning kepada guru yang sanadnya bersambung hingga rasulullah SAW.

Menjelang ishoma, adik-adik kader baru KMNU 53 dihibur oleh seni wayang kulit yang dibawakan oleh Aditya Bayu Anggara dan diiringi oleh tim hadroh IPB. Usai ishoma, peserta disuguhkan video singkat tentang dokumenter KMNU, sejarah NU dll. Materi tentang Aswaja disampaikan oleh Ustadz Khotimi,  ke-NU-an oleh Ustadz Rizqon dan ke-KMNU-an oleh presidium nasional I KMNU Nasional, Hasan Bisri, yang sebelumnya juga merupakan kader KMNU IPB.

AYC ditutup dengan pemilihan ketua angkatan. Pemilihan ketua angkatan penting karena ketua angkatan tidak hanya bertugas satu atau dua tahun tapi selamanya memiliki amanah menjaga kerekatan anggota dalam satu angkatannya. Abdul Mu’iz dan Adlinnisa N., yang keduanya merupakan mahasiswa Departemen Agronomi dan Hortikultura terpilih sebagai pasangan ketua angkatan KMNU IPB 53. Semoga di tangan mereka, KMNU IPB 53 –yang juga menamakan diri sebagai Garda Adhikarya– bisa  lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Selamat berkarya dan berjuang untuk Nahdlatul Ulama, semoga amanah! [M. Kholili]

muhammad

Related Posts
Leave a reply