“Jalin Silaturahmi di Bulan yang Suci” Buka Puasa Bersama KMNU IPB

“Jalin Silaturahmi di Bulan yang Suci” Buka Puasa Bersama KMNU IPB

Bogor, 17/06/16 – Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menjalin hubungan baik antar sesama manusia, salah satunya dengan kebersamaan. Kegiatan bersama yang kerap kali terjalin saat bulan ramadan yaitu acara buka puasa bersama. Kegiatan buka puasa bersama tampaknya sudah menjadi tradisi pada banyak kalangan. Mulai dari buka bersama keluarga besar, kawan, ataupun grup komunitas tertentu. Sama halnya dengan kegiatan buka bersama yang baru saja diadakan oleh komunitas KMNU IPB di Kampung Nyalindung Jl. Damai nomor 10 Rt 02 Rw 08 Desa Sukamantri, Kecamatan Tamansari. Kegiatan tersebut bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi dan meningkatkan rasa kekeluargaan di kalangan keluarga mahasiswa Nahdlatul Ulama.

Usai melaksanakan sholat ashar, rombongan KMNU IPB berangkat dari kampus menuju lokasi. Kegiatan Buka Puasa Bersama tersebut dilaksanakan di rumah Mbak Fitri yang tidak lain merupakan salah satu anggota dari KMNU IPB. Acara tersebut dibuka dengan pembacaan tahlil yang dipimpin oleh Kang Adli dan dilanjutkan dengan buka ta’jil bersama. Dalam kesempatan itu dilaksanakan pula sholat isya dan sholat tarawih berjamaah.

Buka puasa bersama bukan hanya sekedar acara kumpul keluarga atau sahabat, melainkan dipandang sebagai momen untuk menyambung tali silaturahmi pada kawan lama atau saudara jauh. Adapun perkara menjalin silaturahmi ini sangat penting bagi umat muslim, seperti berikut ini:

Dari Abu Ayyub Al Anshori, Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah ditanya tentang amalan yang dapat memasukkan ke dalam surga, lantas Rasul menjawab :

تَعْبُدُ اللَّهَ لاَ تُشْرِكُ بِهِ شَيْئًا ، وَتُقِيمُ الصَّلاَةَ ، وَتُؤْتِى الزَّكَاةَ ، وَتَصِلُ الرَّحِمَ

Sembahlah Allah, janganlah berbuat syirik pada-Nya, dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat, dan jalinlah tali silaturahmi (dengan orang tua dan kerabat).” (HR. Bukhari no. 5983)

Melalui kegiatan ini, diharapkan KMNU IPB dapat saling berbagi kebahagiaan dan senantiasa mempererat hubungan kekeluargaan antar anggotanya.

 

muhammad

Related Posts
Leave a reply