KEKARSANI “Keteladanan Kartini Masa Kini”

KEKARSANI “Keteladanan Kartini Masa Kini”

Oleh: Mamluatun nurrohmah

Dunia itu adalah sebagai suatu hiasan, dan sebaik-baiknya hiasan dunia adalah wanita yang baik (sholihah) (HR. Muslim). (An –Nur 24:31).Wanita adalah tiang negara apabila suatunegara wanita didalamnya baik akhlaknya maka negaranya pun akan baik dan apabila wanita didalamnya rusak akhlaknya maka negaranya pun akan rusak. Begilah pentingnya sosok seorang wanita tidak hanya untuk keluarga namun untuk negara dan agamanya juga.

Siapa sih yang nggak kenal sama Raden Ajeng Kartini ?? beliau merupakan pahlawan pelopor wanita prribumi, yang lahir 21 April 1879 di Jepara Jawa Tengah dan meninggal pada 17 September 1904 di kota Rembang Jawa Tengah. Kartini merupakan sosok wanita yang mengedepankan ilmu, akhlak dan amal, yang sangat patut untuk dicontoh dan diteladani kepribadiannya. Kartini merupakan sosok yang sangat merakyat. Sosok wanita yang sangat welcome terhadap siapapun. Walaupun beliau adalah seorang dari golongan bangsawan, namun beliau tidak suka jika diagung- agungkan. Kartini merupakan sosok wanita yang pengasih, beliau sangat tulus mengasihi keluarga, anak kedua orang tuanya, dan ratkyatnya.

Perbedaan pendapat dengan orang tuanya namun kartini tetap birul walidain terhadap orang tuanya, ditunjukkan pada saat kartini disuruh untuk menikah, dia mau melaksanakan perintah orang tuanya walaupun sebenernya ia masih ingin melanjutkan sekolahnya untuk meraih cita- citanya, namun ini bukanlah akhir perjuangan RA Kartini, dengan sifat rajin, optimis, dan sellau melihat kedepan, beliau setelah menikah tetap saja merintis cita- citanya, dengan menjaga silaturrahim dengan sahabat- sahabatnya yang ada diluat negeri. Beliau yakin bahwa apa yang dicita- citakan bakal tercapai. Kartini merupakan sosok yang sangat sederhana, walaupun dari kalangan bangsawan namun kesederhanaannya sangatlah tinggi.

Keteladanan seperti itulah yang patut dicontoh untuk wanita- wanita modern masa kini atau “Kartini Masa Kini”. Eits…… wanita modern tidaklah orang yang muncul ditelevisi dengan fasion – fasion yang terbuka. Namun wanita modern masa kini adalah wanita yang hidup diera moderenisasi.

Wanita sekarang tidak seperti wanita dizaman dahulu yang sangta dibatasi arah geraknya. Derajat wanita sekarang sama dengan derajat laki –laki. Diera sekarang ini tidak dapat dipungkiri lagi bahwasannya Kartini Masa Kini sudah banyak sekali mengambil peran menuju perubahan yang lebih baik. Wanita sekarang yang sudah mebidangi suatu pekerjaan dia tidak tanggung –tanggug dalam mengambi posisi ada yan menjadi pimpinan suatu negara, menjadi meteri suatunegara, namun tidak terlepas dari tanggung jawab utama menjadi ibu yang bai buat anak dan suaminya.

Kartini Masa Kini dalam menghadapi dunia harus cerdas, memiliki intelektual tinggi yang bisa diamalkan untuk diri sendiri dan orang lain, dan memiliki wawasan yang luas, agar tetap dihargai dan dihormati. Kartini Masa Kini tidak hanya memiliki intelektualitas yang tinggi namun harus memiliki keindahan akhlak. Akhlak dalam berbicara, akhlak dalam berbusana, dan akhlak dalam bertingkah laku.

Hal ini yang harus ditiru oleh Kartini Masa Kini, seorang wanita tidak hanya pintar, cerdas namun harus memiliki keseimbangan antara ilmu dan pengetahuan dan akhlak. Mengapa karena Kartini tidak hanya mengedepankan ilmu pengetahuan namun beliau juga memiliki kecerdasan berfikir dan kecerdasan budi pekerti, karena wanita akan menjadi guru untuk anak- anaknya,so… harus bisa mendidik budi dan akhlak setidaknya pada anaknya.

Karena “seorang anak yang akhlaknya rusak masih bisa diperbaiki menjadibaik asal mendapatkan pengasuhan soerang ibu yang baik. Sebaliknya seorang ibu yang rusak akhlaknya akan melahirkan generasi yang rusak akhlaknya.

muhammad

Related Posts
Leave a reply