MINGGU CERIA BERSAMA NAHDLATUL ATHFAL

MINGGU CERIA BERSAMA NAHDLATUL ATHFAL

Bogor (6/3), “senyum itu membuatku bersemangat” kata Naila selaku penanggung jawab Nahdlatul Athfal KMNU IPB. Minggu pagi yang cerah mengawali kegiatan rutin bagi tim pengabdian KMNU IPB untuk kembali berbagi kebahagiaan. Anak-anak yang diasuh terdiri dari berbagai pendidikan. Ada yang masih belum sekolah umur 3 tahunan, sedang menempuh sekolah dasar dan sekolah menengah pertama. Semuanya bergembira dengan hadirnya KMNU IPB yang menemani hari libur mereka. Pengajaran difokuskan kepada kegiatan akademik berupa les privat dan kegiatan non akademik seperti bermain sambil belajar.

Sholat dhuha mengawali kegiatan pagi itu. Sebelumnya anak-anak asuh dilatih untuk berwudhu dengan baik dan benar. Kemudian dilanjutkan dengan membaca doa setelah sholat dhuha dan doa untuk kedua orang tua. Meski latar belakang mereka berbeda-beda tidak sedikitpun rasa canggung meliputi perasaan mereka. Kak Naila mereka menyebutnya. “Hari ini kita mau main apa, Kak ?” tanya anak-anak itu.”Kita hari ini akan bermain tembak-tembakkan menggunakan bambu” kata Kak Naila. Senyum lebar anak-anak itu pertanda bahwa mereka mengerti apa yang akan dimainkan. “Pletokan” sahut Wildan, anak berumur 11 tahun. Yap pletokan adalah salah satupermainan tradisional. Permainan pletokan sangat digemari oleh anak-anak. Namun, setelah modernisasi permainan ini mulai ditinggalkan sebab tergeser dengan kehadiran game online.

“Semoga anak-anak tidak meninggalkan permainan-permainan tradisional itu, sebab disana (permainan tradisional) mengandung nilai-nilai luhur dan kearifan lokal” doa dari penanggung jawab Nahdlatul Athfal.

muhammad

Related Posts
Comment ( 1 )
  1. Kholilah
    March 7, 2016 at 5:56 pm
    Reply

    Masya Allah.. semoga kmnu ipb selalu mengabdi untuk umat.. amin.

Leave a reply