Kajian Ramadhan KMNU IPB: Tafsir Yasin (1)

20150303_043217_harianterbit_baca-quranDengan menyebut namaAllah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Semoga Allah Swt. melimpahkanlah rahmat Nya kepada pemimpin kami Nabi besar Muhammad Saw. juga kepada keluarga dan para sahabat beliau, Ya Allah Berilah Beliau keselamatan dengan keagungan Dzat Mu yang seluas-luasnya. Kami berharap kepada Allah, semoga kajian kitab “Tafsir Yasin” ini dapat menjadi amal kebaikan yang tidak akan putus pahalanya sebab kematian, dan bukan hal yang merugikan atau meresahkan, sebab bagi orang orang yang beramal, putusnya amal adalah sesuatu yang sangat menakutkan. Semua ini adalah berkat keagungan Nabi Muhammad Al Amin, semoga rahmat yang paling utama dan kesejahteraan yang paling bersih selalu di limpahkan kepada beliau di setiap waktu dan masa. Serta semoga keberkahan tercurahkan kepada para ulama salafus-sholih dan para Mushonnifiin lantaran dalamnya ilmu serta keikhlasannya.

Imam Addailimi telah menyebutkan sebuah hadis dari Ibnu umar ra, bahwasanya Nabi Muhammad saw bersabda: “Perbanyaklah kalian membaca Alhamdulillah, karena sesungguhnya bacaan Alhamdulillah itu, mempunyai dua mata dan dua sayap, yang selalu berdoa’ di dalam surga dan memohon ampunan bagi pembacanya sampai hari kiamat”. Dan Imam Thobroni telah mengeluarkan sebuah hadis dari Abi Amamah ra, bahwasanya Nabi Muhammad saw bersabda:
“Tidaklah Alloh memberi sebuah nikmat kepada seorang hamba, kemudian ia memuji kepada-Nya, melainkan pujian itu lebih utama dari nikmt tersebut, meskipun nikmat tsb sangatlah besar”.

Yaa siin Wal Qur-aanil hakiiminnaka la minal mursaliin tergolong surat Makiyyah yakni surat yang Allah turunkan kepada Nabi Muhammad Saw. Sebelum hijrah. Sebab diturunkannya surat ini adalah saat orang-orang kafir mengatakan bahwa sesungguhnya Muhammad bukanlah seorang nabi dan rasul, melainkan Muhammad adalah seorang anak yatim yang tiada bisa membaca menulis, tidak pernah pergi ke Maktabah (perpustakaan), tidak pernah belajar. Maka Allah Swt. Menjawab apa yang dikatakan orang-orang kafir dengan menurunkan surat ini dan menegaskan akan keagungan Allah Swt terhadap utusan dan kenabian Rasulullah Saw.

Keistimewaan dari suratul yasiin seperti yang telah disampaikan Alaihissalam Rasulillah Muhammad bahwa sesungguhnya jantungnya Alquran adalah Surat Yasin. Barang siapa yang membaca Surat Yasin maka Allah mencatat seperti pahalanya membaca Alquran sebanyak 10 kali. Sesungguhnya Allah Swt. Membaca Surat Yasin dan Surat Thaha sebelum Allah menjadikan langit dan bumi serta segala isi didalamnya. Dan sesungguhnya penduduk atau ahli surga tiada membaca Alquran melainkan Surat Thoha, Surat Yasin, dan Surat Ar-Rohman. Barang siapa membaca Surat Yasin atas orang yang sakaratul maut, maka Allah menurunkan dalam setiap huruf dari Surat Yasin sebanyak 10 malaikat yang berdiri dan berbaris memohonkan ampun serta doa kepadaNya. Karena keistimewaan dan keluhuran Surat Yasin banyak sekali fadhilah dan keutamaan yang terkandung di dalamnya. Dan barang siapa yang membaca Surat Yasin di pagi hari maka Allah Swt. memberikan perlindungan terhadapnya sepanjangan hari.

Dengan segala keistimewaan dan keutamaan Surat Yasin, bukan berarti kita hanya membaca Surat Yasin saja, tetap membaca Alquran namun lebih memperbanyak pembacaan suratul yasiin. Wallahu a’lam.

Kontributor: Ibnun

muhammad

Related Posts
Leave a reply