Menjelang UTS KMNU IPB Mengadakan Ziarah Ulama dan Do’a Bersama

Menjelang UTS KMNU IPB Mengadakan Ziarah Ulama dan Do’a Bersama

Sabtu (28/3), rombongan dari KMNU IPB melakukan wisata religi ke makam yang berada di daerah Empang dan Pagentongan, Bogor. Perjalanan dilakukan dengan menggunakan angkutan umum, selama perjalanan rombongan mengisi dengan bertukar pendapat seputar isu-isu yang ada di kampus. Kunjungan pertama ialah makam Al Habib Abdullah bin Mukhsin Al Athas, dalam Manakibnya disebutkan bahwa Al Habib Abdullah Bin Mukhsin Al Athas adalah seorang “ Waliyullah” yang telah mencapai kedudukan mulia dekat dengan Allah SWT.

Beliau termasuk salah satu Waliyullah yang tiada terhitung jasa-jasanya dalam sejarah pengembangan Islam dan kaum muslimin di Indonesia. Beliau seorang ulama “Murobi” dan panutan para ahli tasauf sehingga menjadi suri tauladan yang baik bagi semua kelompok manusia maupun jin.
Makam kedua yang dikunjungi ialah makam KH. Muhammad Falak, Pagentongan. Ziarah dipimpin oleh Kang Adli dan Hamzah dengan membaca tahlil dan doa. Romobongan tampak khusyu’ berdo’a, dengan harapan do’a di dengar dan dikabulkan oleh Allah SWT. Kegiatan Ziarah ini menjadi kegiatan rutinan KMNU IPB di waktu-waktu tertentu, seperti menjelang UTS. Ziarah kubur menjadi bentuk kerendahan kita dalam berdo’a dengan memuliakan ulama-ulama yang telah dimuliakan oleh Allah SWT, dengan mengharap keberkahan dari para ulama. Selain itu, kegiatan ziarah juga menjadi media peningkatan spiritualitas diri anggota. Kegiatan diakhiri dengan dokumentasi foto bersama, dan perjalanan pulang hingga menjelang maghrib.
Kontributor : Vivi
Editor : Tim Redaksi KMNU IPB

muhammad

Related Posts