Sejarah KMNU IPB

Sejarah KMNU IPB

KMNU IPB singkatan dari Keluarga Mahasiswa Nahdlatul Ulama’ Institut Pertanian Bogor. Perintis pertama ialah Ahmad fahir, Fitri Hasanah, dan Saeful Millah, yang prihatin melihat potret kehidupan kampus yang didominasi oleh corak kelompok tertentu yang kurang menghargai keragaman. Dominasi gerakan mereka yang tidak jarang sering berujung pada klaim sebagai satu-satunya kelompok islam yang “paling benar” dan “penafsir tunggal”.

Motivasi dan kepercayaan diri kami semakin berlipatganda dengan keberadaan aktivis Nahdlatul Ulama’ (NU) dari berbagai negara yang kembali ke IPB pada tahun 2006 dan 2007, antara lain : Dr. Aji Hermawan. M.M dan Ir. Ifan Haryanto. M.Sc (Inggris), Ir. Zahrul Muttaqin. M.M, M.F (Australia), Dr. Ir. Toni Bakhtiar. M.Sc (Jepang), dan Ir. KH. Fuad Abdul Wahhab (Arab Saudi). Serta dukungan dari Ketua I PBNU : KH Masdar Farid Mas’udi MA, Mantan Bendahara PBNU : Dr Ishartono dan Ketua PP-LP2NU : Dr Rachmat Pambudy. MS. Yang telah memberikan support penuh dan menjadikan kami semakin yakin bahwa gagasan ini adalah sesuatu yang memiliki banyak manfaat dan keberkahan.

Setelah mendapatkan dukungan dan restu dari berbagai pihak muncullah banyak pemikiran dan keragaman harapan yang menginginkan hadirnya komunitas NU di IPB. Akhirnya, pada tanggal 26 Mei 2007 para perintis mengadakan silaturrahim Keluarga Besar Nahdlatul Ulama’ (KBNU) di Hotel Permata, Bogor. Sekaligus peresmian terbentuknya KMNU IPB. Namun, pada saat itu KMNU IPB masih hanya menaungi mahasiswa pasca sarjana IPB.

Dan pada tahun 2009 KMNU IPB dilebur untuk menaungi mahasiswa S-1 dimana Kepengurusan organisasi ini sudah berjalan empat periode, yaitu Periode I (2009/2011) yang diketuai oleh Nailul Abror, Periode II (2011/2013) yang diketuai oleh Muhammad Zimamul Adli dan Periode III (2011/2013) yang diketuai oleh  M. Aldy Khuluq, dan sekarang Periode IV sedang berjalan dibawah pimpinan Achmad Mujib.

muhammad

Related Posts
Leave a reply